budget traveling, kompetisi, Review hotel

It's Time to Staycation!

Sudah pernah dengar tentang staycation? Staycation merupakan gabungan dari kata dalam bahasa Inggris; stay yang berarti tinggal atau berdiam dan vacation yang disingkat menjadi cation yang berarti liburan. Gampangnya, staycation itu liburan dengan tetap berada di sekitar rumah ataupun penginapan.

Lalu kenapa sih kita harus staycation?

Menurut saya, 4 alasan dibawah ini cukup menjelaskan alasan kenapa kita butuh staycation.

1.   Staycation untuk Liburan

Liburan merupakan momen yang tentu paling kita tunggu-tunggu. Ketika liburan, kita bisa melakukan banyak aktivitas diluar rutinitas harian. Salah satunya dengan ber-staycation ria. Dengan staycation kita bisa menikmati liburan yang sebenarnya, yaitu dengan benar-benar ‘libur’ dari segala aktivitas harian.

2.   Staycation untuk Memanjakan diri

Yups, ketika staycation kita bisa memanjakan diri kita secara maksimal sesuai dengan keinginan kita. Misalnya ketika staycation di hotel, kita bisa memanjakan tubuh hanya dengan duduk santai, berbaring di kasur, maupun berenang. Kita juga bisa mencoba seluruh fasilitas hotel yang ada, misalnya internetan dengan wi-fi sepuasnya, menonton channel TV favorit, atau bahkan hanya sekedar mandi dibawah shower. Selain itu kita juga bisa memanjakan lidah dengan mencicipi aneka masakan yang dapat menggugah selera.

3.   Staycation untuk Melepas Penat dan Lelah

Kapan terakhir kali liburan? 6 bulan yang lalu? Atau bahkan sudah 1 tahun yang lalu? Wah, kalau sudah selama itu pasti penat dan lelah sekali ya rasanya? Supaya tidak jenuh, kita juga butuh untuk refreshing dan berganti suasana, karena kita bukan robot yang bisa bekerja setiap saat. Bahkan jika kita terus bekerja ‘tanpa’ mengenal lelah, bisa-bisa yang ada kerjaan menjadi kurang maksimal dan menjadi mudah stress dan sakit. Kalau sudah jenuh,ada baiknya kita rehat terlebih dahulu untuk mengumpulkan energi agar tubuh dan pikiran menjadi kembali fresh.

4.   Staycation untuk Family Time

Family time menurut saya merupakan salah satu momen yang tepat untuk bercengkerama dengan keluarga, sehingga suasana dalam rumah tangga menjadi semakin hangat dan erat. Dengan staycation, kita bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk keluarga, karena selama staycation kita terlepas dari segala tuntutan pekerjaan dan rutinitas yang terkadang menyebabkan family time menjadi kurang intens.

Dari alasan-alasan tersebut, sepertinya saya dan suami sudah butuh staycation. Saya yang kesehariannya dihadapkan dengan berbagai rutinitas sebagai full time mom and wife (tanpa asisten rumah tangga) serta part time online travel agent, sudah tentu terkadang merasa jenuh dan butuh sesuatu yang baru, misalnya dengan menikmati staycation. Begitu juga dengan suami yang setiap pekannya bekerja di kantor selama 5 hari dari pagi hingga sore, sekaligus merangkap sebagai online travel agent yang bekerja nonstop tentu juga sangat butuh staycation seperti alasan-alasan yang telah saya kemukakan diatas.

Saya dan suami sama-sama sepakat bahwa Jogja adalah destinasi yang paling cocok untuk staycation. Sebagai ‘mantan’ warga Jogja, Jogja memiliki banyak keistimewaan yang menurut saya belum saya dapatkan di tempat yang lain. Jogja, dengan slogannya “Yogyakarta Berhati Nyaman” memang sangat memberikan kenyamanan, tidak hanya bagi penduduk setempat, namun juga bagi para pendatangnya. Jogja yang identik dengan kata adem, ayem, toto tentrem kerto raharjo (keadaan yang tentram), memiliki magnet yang sangat kuat yang membuat saya dan kebanyakan para pendatang yang lain tidak pernah bosan untuk mengunjungi kota tersebut. Masyarakatnya yang suka menolong tanpa pamrih, harga barang dan kuliner yang serba murah dan serba ada, transportasi yang mudah, serta kondisi sosiokultural yang begitu harmonis benar-benar membuat Jogja itu benar-benar ‘ngangenin’.

Bingung mau staycation dimana, dan kebetulan tadi malam habis baca review Hotel Adhisthana dari Mbak Putri membuat saya jadi penasaran, mupeng, dan sangat ingin untuk menikmati staycation di Hotel Adhisthana. Tanpa pikir panjang, setelah membaca review tersebut saya pun mencoba untuk membuka web Hotel Adhisthana. Di web tersebut kita bisa melakukan reservasi serta melihat jenis kamar dan fasilitas yang ada pada Hotel Adhisthana, dan juga melihat foto dan video tentang Hotel Adhisthana. Dari review Mbak Putri dan foto yang ada pada web tersebut, Hotel Adhisthana ini terlihat sangat cute, elegan, homey, dan instagramable. Bisa dibilang hotel yang sangat kekinian. Setiap spotnya terlihat begitu indah dan sepertinya sangat cocok untuk staycation kami dan si kecil.

Sampai-sampai saya sudah membayangkan hal-hal apa yang akan kami lakukan selama staycation. Rasanya tanpa perlu keluar dari hotel kami sudah dapat menikmati full quality time bersama, seperti memanjakan diri dengan tidur di kasur yang empuk dan bersih sambil ngobrol santai dan bermain dengan si kecil, menonton TV satelit (semenjak kecil saya sangat suka melihat film documenter seperti Discovery Channel atau National Geographic Channel), mencicipi makanan hotel yang sudah pasti yummy dan bikin ketagihan, family time sambil mengajak si kecil berenang bersama di kolam renang, dan juga mengeksplore setiap sudut hotel yang terlihat superb chic dan cozy! Hmm.. rasanya sudah tidak sabar untuk staycation dan quality time bersama keluarga di Hotel Adhisthana Jogja. Semoga keinginan kami untuk bisa staycation di hotel ini bisa terwujud ya.

Salam,

♥aDina Safitri♥

“TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM
#putrijalanjalan GIVEAWAY YANG BERLANGSUNG SELAMA 3 – 30 OKTOBER 2016”

13 thoughts on “It's Time to Staycation!

  1. ini mah udh jd rutinitas kalo aku mbak :D.. sebulan sekali minimal aku ngajakin keluarga utk nginep di hotel2 seputaran jkt.. untuk ngelepas jenuh aja… kdg2 full keluarga lengkap. kdg dgn temenku, ato kdg2 hanya berdua ama suami ;).. penting banget loh itum supaya ga bosen, dan pikiran ttp fresh 😉

  2. Wah..sepertinya asyik hotelnya..nanti deh dicermati ulasannya. Padahal orang jogja, malah ga ngeh ada hotel tsb. Mengenai Staycation sering tuh saya lakukan, liburan di rumah bermalas2an delivery order makanan favorit keluarga..asyik sekali..he3..salam kenal mb…

Leave a Reply