Adv

Maker Fest bersama Tokopedia; Dorong Kreator Lokal Menjadi Brand Nasional yang Mendunia

Maker Fest 2018

Assalamu’alaikum.. Halo teman-teman semua. Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik-baik saja ya. Btw, pernah nggak sih teman-teman membayangkan ada suatu ajang untuk mendorong kreator-kreator lokal agar produknya bisa menjadi brand nasional yang mendunia? Well, sekarang teman-teman tidak perlu lagi hanya sekedar membayangkan, karena sejak tanggal 16 Maret 2018 lalu, Maker Fest resmi diluncurkan di Jakarta untuk mewujudkan hal tersebut.

Lalu Maker Fest sendiri itu apa sih?


Maker Fest 2018Well, Maker Fest adalah gerakan independen dalam memberdayakan kreator lokal (terutama anak muda sebagai generasi milenial) yang bertujuan untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan juga memberikan panggung offline maupun online bagi para kreator Indonesia agar dapat merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand kelas nasional yang mendunia.

Rangkaian kegiatan Maker Fest terdiri dari berbagai workshop, sharing session dan kompetisi dengan hadiah total Rp 1,5 Miliar untuk modal pengembangan usaha. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan di delapan kota di Indonesia, yaitu Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar pada April-Desember 2018.

Chairman Maker Fest 2018 William Tanuwijaya menjelaskan bahwa kelahiran Maker Fest terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia. Sebagaimana yang beliau sampaikan: “Dalam perjalanan saya membangun Tokopedia, saya berkesempatan menyaksikan dengan dekat perjalanan banyak kreator Indonesia dengan visi dan misi serta produk yang bagus, namun sayangnya banyak yang mentok hanya di level UMKM.”

Meskipun diselenggarakan bersama dengan Tokopedia, Maker Fest ini bersifat independen, inklusif, dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan kreativitas diri dan produknya.

Selain berkolaborasi dengan Tokopedia, gerakan ini juga didukung oleh institusi-institusi pemerintahan sekaligus pelaku industri Indonesia, yaitu Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta JNE.

Selain menyediakan panggung, Maker Fest juga membantu mengakselerasi bisnis para kreator lokal tanah air melalui pengembangan keahlian dan pengetahuan. Sebagaimana yang tadi telah sedikit saya singgung diatas, dalam rangkaian Maker Fest ini akan diadakan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah sesi berbagi pengalaman oleh adalah Lizzie Parra, CEO dan pendiri By Lizzie Parra (BLP), brand kosmetik lokal yang sudah dikenal luas secara nasional.

Selain sesi sharing, di setiap kota (termasuk di Medan) juga akan diadakan Local Maker Competition 2018, yaitu ajang untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya untuk saling beradu kreativitas.

Maker Fest Competition medan

Untuk teman-teman yang berada di Medan, pendaftaran Maker Fest ini sudah dimulai sejak tanggal 19 Maret 2018 sampai tanggal 1 April 2018 di website resmi Maker Fest ya.

Selanjutnya, pemenang dari tiap-tiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 pada bulan Desember mendatang. Dari 24 peserta skala nasional, 10 finalis terbaik nantinya akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnisnya dan memberikan sesi workshop di depan para juri dan pengunjung Festival Maker Fest 2018.

Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp 1 Milyar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, pemenang juga mendapatkan reward lainnya berupa konsultasi kreatif dan produksi untuk branding dan marketing campaign, kolaborasi eksklusif dengan pelaku industri kreatif nasional dan kesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional, serta mengakses jalur distribusi ke ritel internasional.

Seru banget kan rangkaian-rangkaian acara Maker Fest 2018 ini? Karena selain bisa mengembangkan ide kreatif yang mungkin selama ini belum bisa terealisasikan dengan baik, kita juga diberi bekal baik berupa ilmu dan pengalaman juga modal usaha (jika berhasil memenangkan kompetisi ini) yang pada akhirnya menjadikan brand kita menjadi salah satu brand nasional yang mendunia.

Nah, bagi teman-teman yang sudah ada bayangan ingin berinovasi dan beradu kreativitas di ajang ini, yuk siapkan segala sesuatunya sedini mungkin. Siapa tahu, teman-teman pembaca blog mbakdina.com bisa menjadi pemenangnya, Aamiin^^. Bagi teman-teman yang ingin ikut tetapi masih belum ada bayangan ingin berinovasi dan berkreasi di bidang apa, tidak ada salahnya untuk mulai menggali hal-hal baru yang terutama sesuai dengan passion kita.

Well, sekian dulu postingan saya kali ini. Semoga bermanfaat, keep up the good work, dan yuk daftarkan ide dan kreatifitas teman-teman di ajang Maker Fest 2018 ini. 🙂

Salam,

Dina Safitri

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)