#BPN30DayChallenge2018, Blogging

Kenapa Sih Betah Banget Ngeblog?

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Halooo, ceritanya saya baru tertantang banget nih buat ikutan challenge dari Blogger Perempuan Network (BPN). Gimana nggak tertantang coba, kita diminta untuk bikin 1 blogpost per hari selama 1 bulan, which is sebenernya lumayan susah buat saya (tapi semoga Allah beri kemudahan yaa) apalagi insyaAllah bakal nabrak jadwal mudik. Awalnya pingin nggak ikutan karena bakal jarang bisa blogging dari laptop (barengan sama jadwal ujian suami). Tapi karena pingiiin banget nyobain akhirnya Bismillah aja deh, hehe. Semoga sukses dan tanpa bolong-bolong ya, hehe.

Tema challenge di Day #1 adalah “Kenapa Menulis Blog“? Mungkin teman-teman yang tahu saya tapi belum mengenal saya lebih dekat (cieeee) bakal bertanya-tanya kali ya, kenapa sih kok betah banget ngeblog? Emang dari ngeblog bisa dapet apa aja? *upppss

Nah, sesuai tema, saya akan share beberapa alasan saya menulis blog. Mungkin bagi teman-teman yang emang suka nulis tapi belum mulai ngeblog bisa baca alasan-alasan saya ini. Siapa tahu bisa semakin meningkatkan semangat buat ngeblog kan? Hehe. Oke, langsung aja ya, ini dia alasan kenapa saya ngeblog:

1. Hobi Nulis

Kayaknya memang syarat utama ngeblog itu adalah suka nulis, iya nggak? hehe. Kebetulan saya juga suka nulis, walaupun nulis diary, haha. Sejak kelas 1 SMP saya hampiiiirrr setiap hari rutin nulis di buku diary, kecuali kalau baru liburan sekolah, hehe. Begitu SMA udah mulai jarang nulis diary sih, soallnya awal-awal masuk SMA masih nggak betah, jadi bawaannya kurang hepi gitu, hehe. Masuk kuliah udah mulai rajin nulis lagi, tapi nulis laporan praktikum pakai buku gelatik kembar, hehe.

Baca juga: Curhatan Mahasiswa TPHP

Tapi di pertengahan kuliah saya hepi banget karena akhinrya mengenal dunia blogging. Kalau nggak salah tahun 2010 atau 2011 saya membuat blog pertama saya di tumblr (sayangnya sekarang tumblr udah dicekal di Indonesia, huhu). Enaknya di tumblr itu tampilannya bagus, themenya unyu-unyu, simple banget untuk sekedar ngeblog atau reblog postingan orang, atau bahkan upload foto, video, maupun audio. Saking sukanya, dulu saya sampai habis berjam-jam di warnet buat ngedit HTML code di tumblr biar tampilan blognya eye catching, hihi. Blog pertama saya ini isinya nggak jauh-jauh dari curhat atau sekedar nasihat bagi diri sendiri, hehe. Next ya

2. Blogging is my me time

Nggak tahu kenapa, rasanya kalau udah habis posting itu berasa legaaaa banget. Terus kalau semangat blogging sedang menggebu-gebu rasanya pingin cepat-cepat selesaiin ngedraft dan posting. Ada yang gitu juga? *Tooosss. Dan bakal hepi banget kalau bisa konsentrasi ngedraft tanpa “iklan” sana-sini (alias ngedraft subuh-subuh atau tengah malam).
Dan sebulanan ini baru saya sadari kalau ternyata me time terenak selain bebas mandi tanpa gangguan adalah blogging.

Baca juga: Tips Agar Tetap Waras Jadi Ibu Rumah Tangga

3. Merekam Jejak, cieee

Sebenarnya merekam jejak ini judul blog saya yang lain, masih blog kosongan yang diniatkan untuk merekam jejak perjalanan kami, wkwk. Dengan menuliskan pengalaman kita di blog, satu, dua, bahkan puluhan tahun kemudian, insyaAllah kita masih bisa membaca ulang dan flashback tentang pengalaman yang kita rasakan. Selain itu, biidznillah tulisan kita juga bisa dibaca oleh anak cucu kita kelak (insyaAllah), hehe.

4. Berbagi Tips, Tutorial, dan Review

Blogging juga saya gunakan sebagai sarana untuk berbagi informasi. Rasanya beneran seneeeng banget loh kalau ada yang ‘nyasar’ ke blog saya dari google karena sedang mencari informasi. Jadi saya merasa postingan saya bermanfaat dan bisa membantu mereka. So, jika ada info terbaru terkait sesuatu atau ingin menceritakan pengalaman atau review, jangan ragu-ragu, insyaAllah setiap artikel yang kita buat, memiliki pembacanya sendiri. Mungkin sekarang belum ada yang baca, siapa tahu tahun depan udah ramai pengunjung, ya kaaann?

5. Mendapatkan Penghasilan

Ini sebenarnya baru beberapa tahun kebelakang sih saya memonetize blog saya, hehe. Yup blog yang dikelola dengan baik insyaAllah bisa menghasilkan lho. Untuk monetize blog ini sebenarnya gampang-gampang sulit, jadi bagi teman-teman yang baru awal-awal ngeblog, saran dari saya dan juga dari blogger-blogger senior adalah untuk terus fokus menulis. InsyaAllah semakin banyak postingan kita, semakin berkualitas tulisan kita, dan semakin bermanfaatnya tulisan kita menjadikan blog kita semakin berkualitas 🙂

Kayaknya cukup sekian dulu ya mengingat keterbatasan waktu, cucian yang menumpuk, dan rumah ala kapal titanic yang perlu segera diperbaiki, hehe. Mungkin ada teman-teman yang mau menambahkan, boleh banget ya di kolom komentar, hehe.

Oh iya, bagi teman-teman yang mau ikutan challenge ini, mumpung masih hari pertama yuk segera ngedraft dan publish ya, hehe. Syarat dan ketentuannya bisa dilihat di postingan IG @bloggerperempuan ya.

Salam,

Dina Safitri

Tagged , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

2 thoughts on “Kenapa Sih Betah Banget Ngeblog?

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)