#BPN30DayChallenge2018, Blogging

6 Manfaat Blog Walking (BW) dan 10 Blog Terfavorit Untuk BW

Assalamu’alaikum…

Sebelum saya share list blog favorit untuk blogwalking (BW) versi mbakdina.com, saya mau share dulu ya tentang Blog Walking dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari BW.

Blog walking berdasarkan wikipedia adalah:

Aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Bahasa gampangnya adalah jalan-jalan ke blog orang lain, dengan (atau bisa juga tanpa) meninggalkan komentar di blog yang dituju. Sebenarnya sih, imo, yang lebih utama adalah dengan meninggalkan komentar di blog yang kita kunjungi. Agar si pemilik blog tahu siapa tamu yang berkunjung ke blognya dan syukur-syukur blog kita dikunjungi balik olehnya.

Lumayan kan, selain menjalin silaturahmi dengan sesama blogger kita juga ‘meninggalkan’ jejak link blog kita di dunia maya, which is very good untuk performa blog kita selama komentar yang kita tinggalkan bermanfaat atau setidaknya positif dan nyambung, hehe.

Manfaat Blog Walking dan mendapatkan kunjungan balik dari BW
Manfaat Blog Walking

Kayaknya dari penjabaran diatas sudah tergambar ya manfaat yang didapat dari BW? Tapi nggak papa deh, biar artikelnya panjang mudah dibaca, saya list ya 6 manfaat yang kita dapatkan dari BW:

1. Menambah Pertemanan dengan Sesama Blogger

Jika kita suka dan menekuni sesuatu pastinya senang dong ya punya teman dengan minat yang sama. Yup, dengan BW kita bisa saling berkenalan dan menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan banyak blogger, termasuk blogger-blogger yang juga satu komunitas dengan kita

2. Dapat Job

Ini seriusan lho. Job pertama saya dari ngeblog itu karena saya ‘nggak sengaja’ komen di blogpost berbayar seorang blogger (saya lupa siapa). Saat itu memang baru saya satu-satunya yang komen, pun saya juga nggak ngeh kalau itu postingan sponsored post 😅.

Niatnya cuma pingin BW, eh besoknya dapat email dari advertisernya, dan ditawarin buat nulis juga, Alhamdulillah, hihihi.

Jadi mulai sekarang, yuk ubah mindset kita. Postingan sponsored post jangan menjadikan kita menyurutkan niat untuk BW dan meninggalkan komentar di blog blogger tersebut.

3. Menambah Ilmu dan Wawasan

Baca berbagai tulisan saat BW itu bisa menambah ilmu dan wawasan lho, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ilmu dan wawasan yang kita dapatkan juga tidak hanya sebatas dari apa yang dituliskan dalam postingan mereka, tetapi juga menambah wawasan tentang hal-hal lain, seperti bagaimana menulis yang benar, yang menarik, yang enak dibaca, yang shareable, yang viral, yang disukai juri, yang tulus, yang puitis, dan lain-lain, tergantung dari artikel yang kita baca.

4. Show Up!

Ya, menjadi blogger itu menuntut kita untuk siap menunjukkan blog kita pada dunia maya, tsaaahhh. Maksudnya, saat BW ke blogger lain, dengan meninggalkan jejak link blog kita (dalam kolom url-nya), membuat pemilik blog yang kita kunjungi dan orang lain yang berkunjung ke blog tersebut menjadi aware terhadap nama blog kita.

“Oh.. Ternyata ada ya blog yang namanya mbakdina.com”

Syukur-syukur dari “Oh..” tersebut berlanjut ke klik link blog kita, baca postingan kita, dan meninggalkan komentar di blog kita. Who knows?

5. Meninggalkan Jejak Maya

Dari yang saya pahami saat sharing di grup WA BPN, jejak di dunia maya saat kita meninggalkan komentar itu juga ngefek ke performa blog kita lho.

Makanya jangan heran kalau ada blogger yang rajin biyanget BW kesana kemari, bahkan sampai ada yang hire someone to do that, tidak lain dan tidak bukan salah satunya adalah agar performa blognya semakin bagus. Walaupun ada juga yang rajin BW karena memang suka untuk BW, hehe.

Semakin banyak link yang kita tinggalkan, semakin banyak backlink yang didapatkan, sehingga DA/PA nya bisa meningkat, cmiiw. Tapi cara ini nggak bisa instan dan butuh konsistensi yang tinggi.

6. Berharap di BW Back

Yup, alias berharap supaya blog sang komentator dikunjungi balik oleh kita. Di dunia blogger, poin nomor enam ini semacam peraturan tak tertulis yang dinilai sudah sama-sama tahu sih, hehe.

Saat ada yang berkomentar di blog kita, berarti ‘tugas’ kita sebaiknya adalah berkunjung dan berkomentar balik ke blognya. Walaupun ada sebagian blogger yang tidak demikian, nggak perlu baper ya. Karena setidaknya kita dapat manfaat di poin 1-5, hehe.

Positif thinking saja, mungkin si empunya blog sedang sibuk, mungkin belum tahu tentang ‘peraturan tak tertulis’ tentang BW, mungkin susah sinyal, mungkin kuota internet terbatas, mungkin blog kita susah dikomentari (bisa diotak-atik widget atau theme blognya), dan kemungkinan-kemungkinan yang lain yang kita tidak tahu.

Nah, kali ini, saya mau share beberapa blog yang dulu dan sekarang lumayan sering saya kunjungi, Alhamdulillah beberapa dari mereka juga berkenan untuk berkunjung balik, hehe. Ini dia:

1) www.dcatqueen.com

Ini blogger favorit banget kayaknya bagi teman-teman blogger yang lain. MasyaAllah Mbak Fanny ini humble banget orangnya, kalau komentar di postingan-postingan saya (dan teman-teman yang lain) selalu panjang-panjang dan nyambung. Jadi kelihatan banget kalau tulisan kita benar-benar dibaca sama beliau.

Blognya Mbak Fanny ini juga bagus banget buat rujukan kalau baru cari-cari review makanan, hotel, atau tempat wisata. Niche blognya ‘kuat’, alias nggak gado-gado, hehe.

2) www.nitalanaf.com

Mbak Nita atau lebih sering dipanggil Miss Nita ini juga totalitas kalau ngeblog dan BW or BW back ke kita. Bahkan beliau dengan sukarela ngeretweet postingan kita setelah komen di blog kita. Komennya juga selalu nyambung kok, hehe.

3) www.bukanbocahbiasa.com

Blognya Mbak Nurul ini juga salah satu list BW favorit saya. Selain karena saya udah follow blognya (jadi kalau ada postingan baru langsung kelihatan), juga karena tulisan beliau ini juga enak dibaca.

4) www.ratnadewi.me

Sama seperti Mbak Nurul, karena sudah subscribe blognya jadi juga lumayan sering berkunjung ke blognya buat baca-baca. Walaupun jarang ninggalin komen, sayang ya padahal, wkwk. Biasanya saya suka baca postingan tentang perjuangan promil beliau sampai akhirnya hamil.

5) www.shintaries.co

Kayaknya hampir semua blogger pernah ya berkunjung ke blognya Mbak Shinta. Saya biasanya BW ke blog beliau kalau pas update FP Mbak Shinta nongol di berada saya. Suka baca tulisan-tulisan beliau tentang blogging dan traveling.

6) www.bundanameera.com

Sesama Bunda 2H, hihi. Lumayan sering baca-baca tulisan di blog Mbak Herva, soalnya beliau rajin banget share postingan baru di grup-grup blogger plus judulnya clickable, hehe. Well noted banget, kalau habis posting jangan lupa share link-nya di sosmed dan grup-grup komunitas, hehe.

7) www.hijogreen.com

Rasanya seneng ada teman dunia nyata yang juga ngeblog. Dulu awal-awal ngeblog bareng teman dekat saya ketika SMA (si kembar), sayangnya sekarang udah nggak lanjut ngeblog lagi, huhu. Dan ternyata Mbak Tyas (pemilik blog hijogreen ini) juga aktif ngeblog. Dulu pas masih sering ketemu (sama-sama ngajar di SDIT di Yogyakarta) nggak tahu kalau ternyata punya hobi yang sama, hehe. Mbak Tyas ini praktisi zero waste, yang mau belajar tentang zero waste bisa baca-baca tulisan beliau atau mungkin tanya langsung, hehe.

8) www.gembulnita.blogspot.com

Dulu pertama kali sampai di blog Mbak Nita ini saat baca kisah hamil dan melahirkannya. Kebetulan pas baca itu saya baru hamil tua Hasan. Jadi memang baru suka baca tentang pengalaman-pengalaman melahirkan. Bahasanya Mbak Nita ini renyah dan tulisannya enak dibaca.

9) www.dewinielsen.com

Dulu waktu awal-awal pindah ke TLD, sering banget saling komen di blog satu sama lain. Mbak Dewi ini asli Sumatera Utara tapi menikah dengan orang luar dan tinggal di Eropa sonoh. Jadi seneng aja baca cerita-cerita beliau. Oh iya, Mbak Dewi ini juga jago photography, hasil jepretannya keren-keren.

10) www.turiscantik.com

Kebetulan saya suka traveling dan jadi suka baca tulisan-tulisan beliau. Di blog Mbak Turis ini (duh maaf, belum tahu namanya) saya suka baca tentang pengalaman dan tips traveling juga tentang review-review kosmetik dan skincare. Mbak Turis ini kalau kita komen di blognya juga bakal di BW back lho, hihi.

Well, kayaknya udahan dulu ya, udah 10 juga sih, hihi. Oh iya, yang mau saling follow-followan blog juga boleh yaa, silahkan komen. Mayan kan nambah-nambah list buat di BW atau sekedar nambah pageview, hehe.

Selamat meninggalkan jejak di dumay!

Tagged , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

14 thoughts on “6 Manfaat Blog Walking (BW) dan 10 Blog Terfavorit Untuk BW

  1. Aaaaaaaw demi apa kupagi2 dah dibikin mangad gini, tengs mb din, laaafffyuw ehehe
    Iya mb pas hamil dulu itu penantian psnjang jd nulisnya menggebu2, monmaap klo bahasaku blogku kdg le to de bay hihihi
    Cuzz ah mau kubek2 blog mb dina ugaaa, pnasaran ada ga cerita waktu hamil dedek hasannya ditulis dimarih?

    1. Sama-sama mba, hehe. Cerita hamil anak-anak saya nggak sempat nulis mba, wkwkwk. Cuma ada review SPOG aja, itupun pas hamil anak pertama aja, huhu. Yang ditulis di blog cuma cerita pas melahirkan mereka, hiihi

  2. Wah makasih banyak, Mba Dina. Haha… walau rasanya udah total ngasih infonya, tapi terkadang pas lihat query, masih ada loh yang infonya belum saya tulis. Ini makanya, ngeblog pun saya lengkapi dengan membaca tulisan teman2. Saya pun senang ketika mendapat komen2 yg total, makanya saya pun juga mesti ngasih komen yg sesuai highlight untuk blog teman2, haha (tentu didapat dari hasil membaca lengkap)

    Tulisan yang menurut saya bermanfaat, entah itu sharing atau review dan info brands, memang selalu saya share di twitter. Karena kalau menurut saya, twitter ini lingkup kecilnya google. Orang akan mencari info juga, jadi siapa tau info itu ada di blog teman2…

    BTW blognya Mba Nurul itu nurulsufitri.com mba, hehe…

    1. sama-sama miss Nita, hehe. MasyaAllah komentarnya puanjaang syekali seperti rel kereta api, hihihi. Iya miss, happy banget kalau aada yang mau ngeretweet secara sukarela, hehee..
      Oh iya, yang saya maksud blognya mba Nurul Rahma mba, hehehe

  3. Ini bikin aku makin semangat utk trus update blog mba 🙂 . Pgnnya mulai skr bisa bener rutin seminggu sekali kayak dulu. Kalo tau blog kita disukai itu, berasa seneeeeng banget jadinya 🙂

    Dari semua blog diatas, rata2 aku tau, dan ada yg deket juga, walo blm prnh ketemu lgs :D. Blognya mba dewinielsen udh aktif lg blm sih. Trakhir aku ke blognya msh blm ada update an. Suka juga baca ceritanya, bikin aku pgn ke denmark hahahaha :D.

    Sebisa mungkin kalo BW aku pasti bener2 baca tulisannya. Kalo aku sampe skip ga baca selesai, itu pasti krn terlalu berat apa yg ditulis, terlalu formal dan kaku, ato fontnya terlalu kecil :p. Mohon maaf lgs aku close biasanya. Kalo dipaksain komen malah takut ga nyambung 😀

    1. iya mba, itu yang saya suka dari mba Fanny, hihi. Blognya terupdate, kalau BW totalitas, laafff deh, hehe. Blognya mba dewi belum update lagi ya kayaknya? Sama mba, suka penasaran sama kehidupan disana, hehe.

  4. Dulu awal awal ngeblog sering banget BW, dapat kenalan baru banyak banget dan DA naik dengan cepat. Sekarang setelah lama vacum dan nggak ngeblog jaidnya kangen BW dan sling sapa sesama blogger.

    BW mengingat silaturrahmi lewat dunia maya.

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)