Blogging, Tutorial

Cara Paling Mudah Redirect URL Lama ke WordPress Self Hosted (wordpress.org)

CARA REDIRECT URL KE WORDPRESS SELF HOSTED

Assalamu’alaikum.. Halo semua, kali ini saya mau membahas tentang blogging ya. Udah lama banget kayaknya nggak update artikel di kategori ini, hehe. Di postingan kali ini saya mau membahas cara redirect URL setelah pindahan dari wordpress.com ke self hosted (wordpress.org). Dulu URL saya awalnya berformat namablog/YY/MM/DD/judul-artikel, which is dari segi SEO nggak friendly. Nah disini saya mau share cara merubah format URL tersebut menjadi URL yang lebih ringkas dan tentunya SEO Friendly, yaitu dengan format namablog/judul-artikel. Kenapa harus SEO friendly? Jawabannya supaya artikel-artikel kita mudah terindeks, terutama oleh mbah google, hehe. Mau juga redirect URL kamu yang lama? Simak artikel berikut ini ya..
Sebenarnya saya sudah mencari cara untuk redirect URL semenjak awal migrasi dari wordpress.com ke wordpress self hosted, tepatnya tanggal 20 Oktober tahun 2017 lalu. Jadi sudah SETAHUN saya berada dalam masa pencarian alias nyari cara gimana biar URL atau link blog saya bisa ringkas nggak pakai embel-embel tanggal, bulan, dan tahun. Udah nyoba googling nggak nemu-nemu, nemunya yang tutorial redirect URL dari blogspot ke wordpress self hosted. Sedangkan kasus saya, dari wordpress.com ke wordpress self hosted. Mungkin bisa juga ya sebenarnya, tapi udah saya cobain ngikutin step by step sesuai tutorial, tetep aja nggak berhasil, hiks.

 

Selingan dikit yaa.. Dua tahun yang lalu alias awal mula saya pakai domain Mbakdina.com , saya belum self hosted, alias harus bayar 2x setiap telah jatuh tempo (setahun sekali), yaitu membayar biaya perpanjangan domain ke penyedia domain (harga bervariasi) dan juga biaya redirect domain yang dibayarkan ke wordpress (sebesar 13 US $), mayan gede juga ya apalagi kalau dolar semakin naik, huhu. Akhirnya karena nggak mau repot-repot lagi plus eman-eman bayar redirect wordpressnya, plus lagi pingin beralih ke wordpress.org biar lebih mudah untuk monetize blog, maka saya putuskan untuk migrasi ke wordpress.org. Dulu saya membeli domain di Jagoan Hosting, tapi karena mau beralih ke wordpress.org, akhirnya saya cari-cari penyedia hosting dengan harga miring tapi kualitas oke. Saya pun kembali meminta pendapat para blogger senior di grup WA, dan sesuai rekomendasi mereka, saya memilih jasa hosting di Dewaweb. Alhamdulillah sejauh ini saya puas sih di Dewaweb, untuk proses migrasinya pun dibantu oleh mereka dan GRATIS. Selain itu saya juga nggak perlu keluar uang lagi untuk biaya perpanjangan domain, karena di Dewaweb ini beli paket hosting, bisa gratis domain selamanya, hehe.

Balik lagi ke redirect URL ya..

CARA REDIRECT URL KE WORDPRESS SELF HOSTED

Saat itu saya juga sudah coba tanya di grup WA komunitas blogger, dapat sedikit informasi tambahan, yaitu melalui .htaccess. Duh, waktu itu mah .htaccess aja saya nggak ngerti, bukanya darimana juga nggak ngerti, hiks. Dikasih penjelasan juga step by step untuk redirect, tapi nggak bisa juga, mungkin karena step by stepnya itu untuk migrasi dari blogspot ke wordpress self hosted. Sedih pokoknya, soalnya udah berkali-kali nyoba nggak berhasil-berhasil.

Sebenarnya kalau cuma ganti permalink aja bisa, tinggal buka dari dashboard wordpress pilih settings, lalu klik permalinks, tapi itu dengan catatan blognya masih kosongan. Nah, karena blog saya artikelnya dari tahun 2009-an (migrasi dari tumblr), jadi nggak bisa langsung pakai cara ganti permalink alias harus redirect URL lama. Kenapa harus redirect? Karena kalau tanpa redirect URL, postingan yang lama kita tidak akan terlacak jika link nya diubah, alias akan muncul page not found, which is kita akan kehilangan pembaca dari google dan juga postingan kita jadi sia-sia deh, karena setiap orang menemukan link blog kita di google yang muncul seperti ini

Cara Mudah Redirect URL Lama
Page Not Found, hiks

Alhamdulillah beberapa hari yang lalu saya lihat IG story-nya mba Vindy (blogger) yang baru migrasi ke wordpress self hosted dan berhasil redirect URL lamanya. Awalnya saya ragu mau tanya, takut gagal lagi, takut caranya sama seperti yang sudah saya praktekan. Tapi akhirnya saya tetep tanya sih caranya, haha. Dan wow ternyata simple banget, but it’s work perfectly in ma blog, yuhuuuu..

CARA REDIRECT URL

1.Create Link Redirect di Yoast

Cara mudah redirect URL di wordpress org
isi kolom sesuai data blog kita, lalu klik generate redirect

2.Generate Redirect

Copy kode html ke .htacces blog kita. Akses .htacces melalui cpanel ya. Jadi hanya bisa digunakan untuk wordpress yang self hosted

Cara mudah redirect URL lama ke wordpress self hosted
Copy semua kode HTML (yang berwarna biru muda)

3.Masuk ke CPANEL blog

Cara mudah redirect URL lama ke wordpress self hosted
Halaman login CPANEL

4.Buka FILE MANAGER lalu cari file .htaccess dan klik EDIT

Cara membuat url seo friendly
Tampilan file manager, pilih .htaccess dan klik edit

5.Paste kode HTML dari step 2 di bagian paling atas lalu klik save.

Btw, kalau takut kenapa-kenapa, bisa juga sebelumnya kita copas dulu kode HTML .htaccess yang semula dan paste ke notes. Tapi Alhamdulillah kemarin saya langsung berhasil kok, nggak pake error maasyaAllah, hehe.

htaccess untuk redirect url
Tampilan .htaccess setelah paste kode HTML. Pastenya dibagian paling atas ya

6.Buka dashboard wordpress, klik SETTINGS dan pilih PERMALINKS

CARA GANTI PERMALINK WORDPRESS
Tinggal ganti format permalinknya

Daaann… jadilah permalink baru kita, hihi. Oh iya, step by step ini untuk yang sebelumnya menggunakan wordpress ya, jadi migrasi dari wordpress.com ke wordpress self hosted. Bisa juga digunakan untuk redirect URL dari blogspot ke wordpress self hosted, namun masih perlu 1 step tambahan lagi, yaitu untuk menghilangkan format tampilan mobile, misalnya http://adinasafitri.blogspot.com/?m=1 . Nah, untuk m=1 ini yang harus teman2 hilangkan juga agar proses penggantian permalink sukses. Caranya gimana? Silahkan googling ya, insyaAllah ada buanyaaakkk banget artikel yang membahas tentang cara redirect URL dari blogspot ke wordpress self hosted, hehe.

Sekian dulu ya yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat and don’t hestitate to let me know if you has been successfully redirect ur URL^^

 

Salam,

Dina Safitri

Tagged , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

2 thoughts on “Cara Paling Mudah Redirect URL Lama ke WordPress Self Hosted (wordpress.org)

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)