#BPN30DayChallenge2018, Blogging

Sosmed, Dulu dan Kini

Platform sosmed dulu dan kini

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

Halo teman-teman, di postingan ini saya mau share sosmed-sosmed yang saya lumayan aktif disana, dari jaman dulu kala dan juga sekarang. Bagi anak yang kelahiran 90an dan diatasnya mungkin nggak asing ya dengan nama sosmed yang jadul, tapi bagi adek-adek yang umurnya jauhhhhh dibawah saya, semoga bisa ada manfaat yang bisa diambil ya, hehe.

Daann, ini dia sosmed-sosmed yang saya pernah sedikit/lumayan aktif di dalamnya:

Platform sosmed dulu dan kini

1. Friendster

Dulu pertama bikin FS kalau nggak salah waktu saya kelas 1 SMA. Awalnya bikin bareng bertiga sama saya dan 2 teman saya yang kembar. Habis itu teman-teman sekelas mulai pada ikutan bikin juga. Bagi abege labil saat itu, FS ini cukup menarik banget, dari yang dulunya cuma sebatas chatting di Mirc, di FS tampilannya lebih berwarna dengan template yang macam-macam, mudah digunakan, dengan stiker yang unyu-unyu, ditambah glitter dan juga bisa gerak-gerak. Udah mulai nggak FS-an semenjak FS ditinggalkan banyak orang, heu.

2. MySpace, Perfspot dan English Baby

Bikinnya dulu kelas 2 atau 3 SMA, tapi lupa platformnya yang gimana. Kalau yang English Baby sejenis ikutan course bahasa Inggris gitu kalau nggak salah ingat. Cuma sebentar main ininya karena bosyen, heheh.

Baca juga: Review Sekolah Online Gratis

3. Mig33

Kayaknya sejak kelas 3 SMA bikin akun di mig33, awalnya sebagaimana abege jaman dulu (dan jaman sekarang juga kali ya, haha) chatting just for fun, ngasah skill bahasa inggris dengan chat sama orang luar. Lama-lama Alhamdulillah kenal grup chat sunnah dan mendapat Alhamdulillah Allah beri hidayahNya sehingga bisa merubah saya dari yang jahil menjadi lebih baik lagi, insyaAllah. Semenjak kuliah Alhamdulillah udah nggak main ini lagi karena nggak sempat dan juga di kosan saya susah sinyal (walhamdulillah).

Baca Juga: Curhat Mahasiswi TPHP

4. Facebook

Facebook Widya Nur Adina Safitri
@WidyaNurAdinaSafitrii

Facebook dulu atau Twitter ya? Seingat saya kayaknya FB dulu deh. Bikinnya juga saat SMA, tapi sempat nggak keurus karena masih dikit teman-teman yang bikin FB.

Seiring berjalan waktu FB udah mulai rame, akun saya dulu namanya alay beud dan sayangnya nggak bisa ganti nama karena udah keseringan ganti nama, wkwk.
Akhirnya karena merasa malu dengan namanya yang alay pisan serta pingin filter teman-teman di friendlist, alhasil waktu kuliah bikin FB baru yang sekarang ini, dengan nama akun widyanuradinasafitrii.

Awalnya sempat sedih juga sih pindah ke FB baru karena banyak teman-teman yang tahunya FB saya yang lama. Setelah menikah saya dan suami sepakat untuk tidak saling berteman atau follow dengan lawan jenis kecuali keluarga. Dan memang saya sangat setuju dengan hal tersebut, karena ada hati yang harus kita jaga, tsaaahh, wkwk.

Alhamdulillah sekarang friendlist saya udah 1000++ (nggak inget tepatnya, hihi). Dulu awal-awalnya saya memang membatasi friendlist FB hanya orang-orang yang betul-betul saya kenal. Tapi lama-lama kok pingin membuka lebih luas jendela pertemanan, dan jadilah akhirnya friendlist meningkat sedikit demi sedikit, hehe.

Oh iya, saya juga bikin Fan Page blog Mbakdina.com, tujuannya agar instagram saya bisa bussiness serta untuk beberapa keperluan job yang membutuhkan FP, salah satunya mendaftar menjadi BP Partner. Bagi teman-teman, boleh banget ya dibantu likenya di fanpage Mbakdina.com, hehe.

5. Twitter

Twitter widya nur adina safitri mbakdina.com
@AdinaSafitrii

Bikinnya udah nggak tahu dari jaman kapan, tapi dulu berasa bingung banget mainan twitter tuh gimana sih. Diawal berasa ribet karena harus follow-follow orang dulu. Menginjak kuliah udah mulai paham.

Sampai akhirnya saya menikah kayaknya followers twitter masih 200-an, Alhamdulillah sekarang followersnya udah 1300++, bagi teman-teman yang mau follow boleh banget di @adinasafitrii

6. Instagram

Instagram widya nur adina safitri mbakdina.com
@AdinaSafitrii

Duluuuuu, saya bertekad banget nggak mau bikin IG, simply karena bingung mau posting apa, wkwk. Namun karena ‘tuntutan’ ikut lomba yang harus share di IG, akhirnya dibikin juga tuh akun IG, ekekek.
Sekarang Alhamdulillah followers IG saya udah 2000++, bagi teman-teman yang mau follow boleh banget yah, insyaAllah saya folbek, bisa klik di @AdinaSafitrii

7. Youtube

Sama seperti IG, awalnya nggak ada niatan bikin channel yutub. Scara nggak pinter bikin video dan banyak ‘pertentangan’ batin di dalamnya, wkwk. But someday, kebetulan saya ikut grup sosmed walkingnya mba beautyasti. Diawal-awal bermulanya grup, para member ngelist akun sosmed masing-masing, terus akhirnya kepikiran, oh iya kenapa ngfak bikin juga ya? Mayan banget untuk nambah subscriber.

Dan yaah, akhirnya dibikinlah akun yutub channel mbakdina.com. Subscribernya saat ini masih 60-an, bikinnya beberapa bulan yang lalu. Bantuin subscribe yah, hehehe.

Youtube Widya Nur Adina Safitri mbakdina.com
Bantu subscribe channel saya yuk, hihi. Untuk linknya klik gambar diatas ini ya^^

Kedepannya, pinginnya saya vlog ini dipakai untuk review-review hotel atau tempat-tenpat yang kami kunjungi, jadi nggak perlu panjang-panjang nulis review hotel di blog, cukup divlog-in ajah, hehe

Oh iya, bagi teman-teman yang serius ngeblog, pingin bisa join banyak campaign sehingga blog dan akun sosmed bisa menghasilkan, saran saya sebaiknya mulai memikirkan feed yang baik, followers organik yang banyak (big NO ya pakai beli-beli followers), sehingga diharapkan engagement juga tinggi.

Dan, supaya lebih terlihat profesional, ada baiknya nama akun medsos disamakan satu sama lain. Dan pilihlah nama yang ringkas dan sesuai dengan kamu, karena medsos itu bagian dari branding diri kita.

Baca juga: Manfaat Join Komunitas Blogger Perempuan
Baca Juga: Alasan Menjadi Blogger

Hmm kayaknya ada beberapa sosmed yang terlewat ya seperti google+, linked In, pinterest, dll. Tapi sepertinya saya cukupkan sekian dulu aja yaa, mengingat masih harus mengejar ketinggalan 2 postingan ODOP, hiks. Harus tetap syemangat ya qaqa.

Kalau teman-teman paling aktif di sosmed apa nih? Dan kenapa sih suka dengan sosmed tersebut? Share yuk

Salam,

Dina Safitri

Tagged , , , , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

2 thoughts on “Sosmed, Dulu dan Kini

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)