#BPN30DayChallenge2018, Baby stuff, Islam, Review

5 Rekomendasi Buku Bacaan Untuk Batita

Rekomendasi dan review buku untuk batita

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita bisa mengetahui dan melihat banyak hal baru. Anak yang sedari kecil dibiasakan membaca buku, di saat kanak-kanak biasanya sudah bisa lebih cepat berbicara, mengenal banyak hal, dan bahkan membaca dan menulis dibandingkan anak-anak lain yang seusia dengannya.

Poin penting pada anak kecil (batita) adalah mengenalkan dan membiasakan membaca buku. Aisy, anak pertama saya mulai saya biasakan membaca buku saat usianya hampir 1 tahun kalau tidak salah. Sebenarnya sudah cukup terlambat, tapi Alhamdulillah sampai sekarang dia menjadi menyukai buku, MaasyaAllah.

Rekomendasi dan review buku untuk batita

Berikut ini saya akan sedikit mengulas 5 buku bacaan yang menurut saya recommended bagi batita, semoga bermanfaat ya:

1. Buku Aqidah

Review buku Aqidah untuk anak HAS

Sebagai seorang ibu dan juga madrasah pertama untuk anak-anaknya, kita harus mengenalkan dasar-dasar Aqidah yang shahih kepada anak kita. Kita kenalkan siapa Tuhannya, apa agamanya, dimanakah Allah, siapakah nabinya, dan lain-lain yang menjadi pondasi dalam beragama.

Dulu saya beli buku ini di shopee, harganya murah, kalau nggak salah kurang lebih sekitar Rp 15.000. Untuk ukurannya seukuran buku tulis, disertai gambar namun belum full colour.

Untuk buku-buku aqidah yang lain ada buanyaak banget yang recommended, seperti buku Faiz Bertanya, buku-buku tulisan mbak Athirah Mustadjab, buku serial Ushul Tsalatsah For Kids, dan beberapa buku yang lain.

2. WWP (Widya Wiyata Pertama)

Review Widya Wiyata Pertama WWP Kehidupan sehari-hari

Saya tahu WWP ini dari teman saya saat kos di wisma muslimah Jogja. Beliau merekomendasikan buku WWP ini karena isinya lengkap (berseri) dan bisa digunakan dari anak usia preschool sampai SMP. Untuk versi yang baru tersedia pen yang membantu anak untuk bisa belajar sambil mendengarkan audio dari pen tersebut. Dari review beliau saya jadi mupeng dan penasaran banget sama bukunya. Kalau yang barunya sih agak mihil (jutaan), jadi sama mbak tersebut disarankan coba beli secondnya aja di FB. Akhirnya saya pun berburu buku second WWP yang terbitan lama. Pertama kali beli, saya pilih judul yang Kehidupan Sehari-hari dan MaasyaAllah bagus bukunya dan cocok banget dengan usia Aisy saat itu.

Bukunya ini hard cover dan pada bagian isi kertasnya tebal dan semi glossy. Bagus banget menurut saya, karena jadi nggak gampang sobek dan lecek meskipun dibaca berkali-kali dan dibejek-bejek anak (Alhamdulillah Aisy bukan tipe yang gitu juga sih, hehe. MaasyaAllah).

Kemudian berlanjut beli 2 seri yang lain, tapi udah lupa banget judulnya, gara-gara bukunya masih di Medan (belum dibawa pindahan ke Surabaya). Untuk harga buku second yang cetakan lama berkisar dari Rp 45.000 – 90.000 per buku tergantung kondisi bukunya.

3. Buku “Kamus Bergambar 3 Bahasa”

Review buku kamus bergambar 3 bahasa

Kamus ini memuat cukup banyak gambar disajikan dengan bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Arab disertai dengan cara membacanya. Gambar-gambar di buku ini cukup menarik (versi kartun) dan juga ekspresif. Recommended menurut saya karena anak jadi banyak melihat gambar, mengetahui nama-namanya dan padanan katanya dalam 3 bahasa.

Bukunya full colour dengan kertas HVS. Oh iya, sayangnya buku ini soft cover, jadi harap lebih berhati-hati supaya covernya tidak mudah sobek. Untuk harganya kisaran Rp 55.000 – 70.000, kalau saya dulu dapat harga murah (pakai voucher) jadi cuma bayar Rp 13.000, MasyaAllah.

4. PQIDS (Perisai Qur’an Kids)

Review buku perisai quran kids superhero islam
Sumber gambar: Yufid Store

Awal tahu PQIDS dari seorang akhwat, dulu beliau mengadakan giveaway yang berhadiah buku PQIDS. Dan Alhamdulillah saya terpilih sebagai pemenangnya dan mendapatkan hadiah berupa sepaket buku Superhero Islam. Bukunya berseri, 1 set terdiri dari 5 buku (kisah para sahabat Nabi; Superhero Islam), yaitu: Khalid bin Walid, Amr bin Ash, Muawiyah bin Abi Sufyan, Syurahbil bin Hasanah, dan Abdullah bin Sa’ad bin Abu Sarah.

Oh iya, buku PQids ini ada buanyaaaakkkk banget serialnya, mulai dari yang basic banget, buku mewarnai, belajar aqidah, akhlak, adab, sampai sirah nabi dan juga para sahabat. Recommended beud untuk punya semua serinya, hehe.

5. Baby’s First Years First Learning

Alhamdulillah dikasih kado buat Aisy dari Singapore sama bibi kami yang di sedang study disana GT, masyaAllah. Bukunya berisi gambar-gambar untuk mengenalkan bentuk, angka, baby animals, warna, kata-kata, dan lawan kata. Bukunya berupa boardbooks, jadi mudah dibolak-balik sama si kecil serta nggak khawatir sobek. Gambarnya juga bagus-bagus. Untuk harga bisa googling ya.

Ada yang punya rekomendasi buku yang lain untuk anak-anak? Share yuk di kolom komentar.

Salam,

Dina Safitri


Sumber gambar: Googling, lagi nggak sempat nyari bukunya & fotoin, hiks

Tagged , , , , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)