budget traveling, tips, tutorial

​Membawa Durian di Pesawat

Kali ini saya akan berbagi tips membawa durian di pesawat berdasarkan pengalaman kami saat mudik kemarin.

Satu hal yang utama adalah, jika hendak membawa durian di pesawat jangan pernah meletakkannya di kabin, karena ketika terbang, tekanan udara yang tinggi serta ruangan kabin yang ‘kedap’ akan menyebabkan senyawa² volatil dari durian menyeruak ke kabin dan bau tersebut akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat dihilangkan dari kabin pesawat. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu awak kabin dan penumpang yang lain. Sehingga, durian memang harus diletakkan di dalam bagasi ya..

Gimana cara packingnya??

Pertama, bawalah durian yang telah dikupas kulitnya. Kenapa? Karena biasanya ketika melewati pemeriksaan xray, jika membawa durian utuh dengan kulitnya, besar kemungkinan durian tersebut tidak bisa lolos, karena dapat dengan mudah dikenali dari bentuk kulitnya.

Kedua, bekukan durian terlebih dahulu supaya lebih awet selama perjalanan. Sebelum dibekukan, ada baiknya durian disimpan di dalam plastik klip.

Ketiga, ketika hendak berangkat, ambil durian beku, simpan di wadah kedap udara. Tutup wadah dengan plastik kresek. Ikat.

Keempat, lakban seluruh permukaan wadah yang telah dimasukkan kedalam plastik kresek. Lakban secara menyeluruh, bila perlu bisa diulang hingga tidak ada bagian yang belum terlakban.

Kelima, simpan durian. Jika bisa, letakkan durian bersama kopi, sehingga bisa menyamarkan bau durian.

Keenam, durian siap disajikan sebagai buah tangan^^

PS. Alhamdulillah kemarin dengan itinerary kami, durian bisa tahan beberapa jam:

Durian dibeli hari senin ± jam 5 sore, simpan di freezer. Jam 9.30 malam perjalanan darat ke Medan. Sampai di Medan jam 5 pagi, singgah di kakek, durian simpan di freezer. Keesokan harinya, jam 4 pagi, packing durian, otw airport. Durian masih bisa dikonsumsi sampai jam 7 malam^^

0 thoughts on “​Membawa Durian di Pesawat

Hi, thanks for stopping by at mbakdina.com. Don't forget to leave your comment here, ok?^^