budget traveling, me, My Family & I, tips

Family Trip, Itinerary to Penang and Phuket 5D4N

Assalamu’alaikum.. Holaaa.. Postingan perdana di bulan September.

Jadi ceritanya sejak awal bulan September sudah mulai tersibukkan dengan packing dan segala persiapan lainnya untuk trip ke Penang dan Phuket.

Seperti biasa, memanfaatkan tiket pesawat dan hotel promo untuk akomodasinya, lumayan menghemat banget, hihi.

Sebenarnya ke Penang ini dalam rangka mau berobat. Setelah lihat di peta, ternyata Penang-Phuket tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan jalur darat, akhirnya kami putuskan untuk ‘mampir’ ke Phuket.

Ini dia itinerary perjalanan kami:

  1. 3 September 2016, KNO-PEN dengan pesawat AA, kami sengaja memilih penerbangan AA Indonesia, karena kemarin sempat kecewa dengan services dari AA Malaysia. Pesawat AA Indonesia hanya ada 2 jadwal terbang, kami pun memilih penerbangan pagi, supaya tidak kehabisan bus Hat Yai-Phuket. Tiket PP seharga Rp 375.000,00/ pax.
  2. Sesampainya di Penang kami langsung naik bus Rapid Penang seharga 2,7 RM dan turun di Komtar (Komplek Tun Abdul Razak).
  3. Di Komtar kami membeli tiket mini bus (van) untuk ke Hat Yai, Thailand, seharga 35 RM (nggak nemu yang harga 30 RM), karena memang rencananya kami ke Thailand dulu baru berobat.
  4. Van berangkat pukul 15.30 waktu setempat dan sampai di terminal bus Hat Yai sekitar pukul 20.30 waktu setempat.
  5. Kemudian kami membeli tiket bus menuju Phuket seharga 253 bath. Selang 10 menit bus berangkat.
  6. 4 September 2016, kami sampai di Terminal Bus 2 Phuket pada pukul 3.30 dini hari. Setelah tawar-menawar dengan supir ojek/taxi dan tidak pernah deal (sekitar 300-400 bath, kalau dihitung-hitung jauh lebih mahal daripada harga tiket bus Hat Yai-Phuket), akhirnya kami memutuskan untuk menunggu di mushala terminal hingga pagi, supaya bisa naik transportasi umum (tuk-tuk).
  7. Sekitar jam 10 pagi kami mencari transportasi umum yang ada. Alhamdulillah ada tuk-tuk. Kami naik tuk-tuk sampai Phuket Town seharga 20 bath.
  8. Dari Phuket Town kami naik Tuk-tuk yang seukuran truk jurusan Patong, seharga 30 bath.
  9. Sesampainya di Patong kami makan siang dulu, mumpung ada rumah makan muslim, nasi kandar + ayam 60 bath.
  10. Kami pun berjalan kaki sekitar 30 menit dan sampai di penginapan kami di daerah Nanai Road 2, yaitu Green Mango Guest House booking via Zen Room dengan memasukkan kode voucher ZENWIDYA supaya dapat potongan, hihi.
  11. Sore harinya kami ke Patong Beach dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari hotel.
  12. Keesokan harinya, 5 September 2016, sekitar pukul setengah 7 pagi kami check out dan menuju terminal 2 Phuket. Dari Patong ke terminal 1 dengan van seharga 50 bath. Dari terminal 1 ke terminal 2 seharga 15 bath.
  13. Selanjutnya kami naik bus dari Phuket ke Hat Yai pada pukul 11.20, seharga 252 bath.
  14. Sampai di Hat Yai sekitar pukul 7 malam. Dari terminal bus Hat Yai kami mencari van menuju Penang. Karena terjadi suatu hal, malam itu kami tidak bisa ke Penang dan harus bermalam di daerah Jitra, Malaysia.
  15. Keesokan harinya, 6 September 2016 kami melanjutkan perjalanan menuju Penang dengan bus first class (adanya ini ;p) seharga 12 RM.
  16. Jam 9.10 pagi kami sampai di pelabuhan dan menyebrang menuju Penang dengan kapal veri seharga 1,2 RM. 
  17. Sesampainya di Pelabuhan Penang kami naik Rapid menuju Lam Wah Ee Hospital seharga 1,4 RM untuk berobat.
  18. Selesai berobat sekitar pukul 15.00, kami menuju hotel yang telah kami pesan, tidak terlalu jauh dari Jety, yaitu di Jalan Lebuh Gereja.
  19. Keesokan harinya, 7 September 2016 kami meneruskan perjalanan menuju airport dengan rapid seharga 2,7 RM.
  20. Sesampainya di bandara kami check in. Pesawat sempat delay sekitar 1 jam.
  21. Kami sampai di Medan sekitar pukul 2.

      Alhamdulillah, selesai sudah trip kami. Benar2 singkat padat dan lumayan melelahkan. Memang kurang bisa eksplor karena bawa baby, tapi seru selain jalan-jalan juga bisa naik 3 jalur, yaitu udara, darat, dan laut..hihi.

      Selesai ditulis di Kutacane, 12 September (10 Dzulhijah 1437 H), pukul 4.58 a.m.

      7 thoughts on “Family Trip, Itinerary to Penang and Phuket 5D4N

      Hi, thanks for stopping by at mbakdina.com. Don't forget to leave your comment here, ok?^^