Adv, Event, Motherhood

Sentuhan Cinta Ibu Melalui Pijat Bayi

sentuhan cinta johnsons untuk pijat bayi

Buibu, siapa yang disini sering pijat bayinya? Atau mungkin sering pijatin bayinya ke baby spa? Kebetulan saya termasuk yang yaa bisa dibilang lumayan sering memijat bayi saya. Dulu-dulunya sih di baby spa, terutama ketika anak pertama, kalau sekarang seringnya saya pijat sendiri, hehe. Kebetulan nih, tanggal 6 April 2019 kemarin saya diundang oleh Komunitas The Urban Mama bersama dengan Johnson’s untuk mengikuti pelatihan pijat bayi dan manfaatnya bagi tumbuh kembang si kecil.

Ngomong-ngomong tentang pijat bayi, saya ada pengalaman yang kurang ngenakin, huhu. Dulu anak pertama saya sempat mengalami pahitnya dipijat dukun bayi, saya pilu, apalagi anak saya yang dipijat. Waktu itu sedih banget karena nggak bisa berbuat apa-apa, huhu. Semenjak itu saya nggak mau lagi dan bakal tegasin ke siapapun untuk jangan mijetin anak saya ke dukun bayi (emak udah pasang tameng ;D). Anyway, jujur saya itu seneeeng banget rasanya dapat undangan eksklusif ini. Karena selama ini saya pijatin anak-anak itu cuma modal youtube dan ngelihat mbak therapist di baby spa ketika pijat anak-anak. Jadi nggak dapat “pakem” nya gitu, huhu. Alhamdulillah kemarin bisa belajar langsung dari ahlinya.

Acara persembahan dari Johnson’s ini berlangsung di Ibis Style Hotel, Surabaya dan diisi oleh dua orang narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu dr. Dyah Retno Wulan, Sp.A (seorang dokter anak dengan sub spesialis tumbuh kembang anak) dan juga Mbak Gina Puspanti Anggraeni selaku Certified Infant Massage Instructor.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Wynne Lukman selaku Branch Manager Johnson’s Baby. Mbak Wynne menjelaskan tentang pentingnya pijat bayi di 1000 hari pertama kehidupan, karena kontak fisik antara ibu dengan bayinya akan meningkatkan kontak emosional baik untuk ibu maupun bayi. Dan ini penting untuk psikologis bayi.

Sentuhan cinta Johnsons
Wynne Lukman, Branch Manager Johnson’s Baby

Beliau juga menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan Johnson’s untuk meningkatkan kualitas hidup bayi-bayi di Indonesia salah satunya melalui pijat bayi dan kampanye sentuhan cinta. Baik dengan mendatangi rumah sakit maupun melalui acara-acara pelatihan bagi ibu maupun calon ibu.

Kilas Balik Kampanye Sentuhan Cinta Johnson’s

Kampanye Sentuhan Cinta ini merupakan wujud dukungan bagi pemerintah Indonesia untuk menekan angka kematian bayi lahir hidup di Indonesia. Hal ini dirasa perlu untuk dilakukan karena untuk mencapai Suistainable Development Goals (SDGs) pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia menurun menjadi 12 per 1000 kelahiran. Sedangkan berdasar data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia pada tahun 2017 sejumlah 15 per 1000 kelahiran.

Tentu hal ini membutuhkan banyak upaya dan dukungan dari berbagai pihak, terutama agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Melalui kampanye Sentuhan Cinta, Johnson’s mengajak para ibu di Indonesia untuk ikut bergerak dalam meningkatkan kualitas hidup bayi, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) atau sering disebut masa periode emas.

sentuhan cinta johnsons
Produk Johnson’s Baby yang menemani si kecil sejak hari pertamanya

Banyak perjuangan yang telah ditempuh tim Johnson’s sejak beberapa tahun kebelakang dalam kampanye sentuhan cinta ini. Bagaimana mereka mengedukasi para ibu di Indonesia untuk memberikan sentuhan cinta kepada putra-putrinya. Mbak Wynne juga bercerita bagaimana perjuangan Johnson’s hingga kembali berhasil mencetak rekor MURI untuk pijat bayi terbesar di Indonesia, dan yang mengharukan adalah bagaimana perjuangan Johnson’s mendatangi 3 daerah terisolasi di Indonesia untuk mengedukasi para ibu disana, terutama dalam memijat bayi.

Kampanye Sentuhan Cinta Johnson’s 2019

Johnson’s hingga saat ini terus berjuang untuk membantu mewujudkan harapan pemerintah untuk mencapai Suistainable Development Goals (SDGs), yaitu menekan angka kematian bayi menjadi 12 per 1000 kelahiran dengan cara mendorong para ibu di Indonesia untuk mengetahui mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu terutama di 1000 hari pertama kehidupan bayi.

Karena pertumbuhan bayi di periode emas ini, akan sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan bayi di periode selanjutnya ketika ia beranjak dewasa. Selain kebutuhan gizi yang cukup, bayi-bayi juga membutuhkan afeksi terutama dari ibu, sebagai orang terdekatnya. Afeksi (kasih sayang) ini salah satunya berupa sentuhan ibu baik ketika pijat maupun memandikan bayi.

Dalam menjalankan kampanye tersebut, Johnson’s menjalin kerjasama dengan Habitat for Humanity untuk membangun posyandu (pusat kesehatan anak) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Karena bayi-bayi disana kesulitan untuk dapat melaksanakan posyandu, terkadang mereka terkendala tempat sehingga harus berada dibawah terpal, bahkan terkadang kegiatan posyandu tidak berjalan karena waktu dan tempatnya bertabrakan dengan acara maupun kegiatan desa.

sentuhan cinta johnsons

Atas dasar hal itu dan juga melalui program sentuhan cinta, Johnson’s turut mengajak para ibu di Indonesia untuk berpartisipasi dengan cara berdonasi melalui pembelian produk berikut:

  • Setiap pembelian produk Johnson’s di Alfamart dan shopee senilai minimum Rp 25.000
  • Setiap pembelian produk Johnson’s oil 125 ml atau top to toe bath 400 ml atau baby lotion 200 ml di toko-toko lainnya yang berpartisipasi dalam program sentuhan cinta.

Dari transaksi yang teman-teman lakukan, secara otomatis kita turut berdonasi Rp 500,- untuk membantu pembangunan sarana kesehatan anak di Gresik, Jawa Timur.

Selain itu, Johnson’s dalam kampanye sentuhan cinta juga mengadakan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di 15 kota di Indonesia dengan 22 tim edukasi profesional dari Johnson’s, agar semakin banyak ibu di Indonesia yang bisa merawat bayinya dengan semakin baik lagi, terutama ketika memandikan dan memijat bayi.

Stimulasi Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Setelah sambutan dari Mbak Wynne Lukman, selanjutnya diisi materi oleh dr. Dyah mengenai pentingnya stimulasi pijat bayi untuk tumbuh kembang optimal. Stimulasi pada bayi ini sangat penting semenjak awal kehidupan bayi, dimulai dari IMD (Inisiasi Menyusui Dini), sentuhan ibu, berbicara dengan bayi, dan berbagai stimulasi lain yang bisa ibu berikan kepada bayi.

sentuhan cinta johnsons pijat bayi
dr. Dyah Retno Wulan Sp.A menjelaskan tentang stimulasi pada bayi

Semakin banyak bayi menerima stimulasi yang tepat, bayi akan semakin terpenuhi kebutuhan mentalnya. Ini yang terkadang kurang bayi dapatkan jika sang ibu masih belum teredukasi akan pentingnya pemberian stimulasi. Ibu terkadang terlalu riweuh maupun terlalu fokus merawat bayi, menyiapkan MPASI, dan lain-lain sehingga sering terlupa untuk mengajak bayi berkomunikasi, menyentuh maupun memijat bayi.

dr. Dyah menjelaskan bahwa stimulasi yang perlu diberikan kepada bayi sebaiknya yang melibatkan banyak panca indera (stimulasi multi sensory). Misalnya stimulasi yang diterima bayi saat bayi mandi dan dipijat. Karena ketika itu bayi bisa menerima banyak rangsangan, seperti merasakan hangatnya air, sentuhan ibu ketika memberi sabun maupun memijat bayi, harum dan lembutnya sabun, raut wajah sang ibu, mendengar gemercik air dan suara ibu, dan sebagainya.

Stimulasi yang demikian akan membuat bayi merasakan sentuhan cinta ibu, yang membuat bayi menjadi tidak stress dan rileks sehingga tidak mudah rewel. Hal ini ternyata juga menyebabkan berat badan bayi naik signifikan. Makanya tidak heran jika salah satu manfaat dari pijat bayi adalah membuat berat badan bayi meningkat. Selain itu, semakin sering diberikan stimulasi multi sensory, maka akan meningkatkan kecerdasannya di kemudian hari.

Masih berdasarkan penuturan dr. Dyah, pemberian stimulasi pada bayi ini menjadikan bonding antar ibu dan bayi semakin kuat. Sehingga sebagai ibu, kita juga akan lebih mudah memahami keinginan anak, meski belum bisa berbicara sekalipun. Tentu hal ini juga akan mengurangi tingkat stress yang diterima ibu. Karena ketika anak menangis, ibu akan mudah mengetahui penyebab dan apa yang anak inginkan.

Jadi PR kita bersama ya buibu untuk terus berupaya memberikan stimulasi multi sensory sebaik mungkin, demi tercapainya tumbuh kembang yang optimal pada anak-anak kita. Salah satu cara yang tepat untuk stimulasi multi sensory adalah dengan rutin memijat bayi kita.

Pijat Bayi Untuk Tumbuh Kembang Optimal

Setelah belajar tentang stimulasi bayi dari dr. Dyah, selanjutnya kami diajarkan bagaimana cara memijat bayi yang benar sekaligus mempraktekkannya langsung. Sesi ini dipandu oleh Mbak Gina selaku instruktur pijat bayi tersertifikat.

Sebelum praktek langsung, mbak Gina memberikan beberapa materi terkait pijat bayi, diantaranya:

Manfaat Pijat Bayi

  1. Memperlancar peredaran darah bayi. Stimulasi pijat bayi berpengaruh terhadap sistem saraf bayi, sehingga membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat
  2. Massa tulang bayi lebih padat
  3. Saluran pencernaan menjadi lebih lancar serta makanan dapat diserap lebih baik, sehingga biasanya berat badan anak akan naik secara signifikan.
  4. Membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi, sehingga bayi jarang rewel, lebih rileks, dapat menyusui dengan baik, serta tidur lebih nyenyak, sehingga kesejahteraan bayi terpenuhi dengan baik.
  5. Meningkatkan ikatan (bonding) bagi ibu dan bayi, diharapkan dengan bonding yang semakin kuat ibu juga bisa memahami bahasa non verbal bayi.

Hal yang perlu diperhatikan SEBELUM memijat bayi:

  1. Hindari memijat ketika bayi habis makan maupun menyusu.
  2. Hindari memijat ketika bayi tidur, sakit, maupun setelah imunisasi.
  3. Hindari berkuku panjang maupun mengenakan perhiasan di tangan ketika memijat.
  4. Bersihkan tangan sebelum memijat.
  5. Gunakan alas yang nyaman, misalnya perlak.
  6. Atur suhu yang sesuai, jangan terlalu dingin maupun panas.
  7. Bagi bayi usia 0-6 bulan, sebaiknya dilakukan pemijatan 2x sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Hal yang perlu diperhatikan SAAT memijat bayi:

  1. Gunakan baby oil maupun lotion agar bayi merasa nyaman ketika kulitnya bergesekan dengan kulit ibu. Baby oil sebaiknya digunakan untuk memijat bayi ketika hendak mandi, sedangkan lotion sebaiknya digunakan ketika hendak tidur.
  2. Jika menggunakan AC, jangan melepas semua pakaian bayi sekaligus, melainkan satu per satu mengikuti urutan bagian yang hendak dipijat.
  3. Ajak bayi berbicara, bercerita, dan tersenyum.
  4. Jika bayi mulai bosan maupun rewel, hentikan proses memijat dan penuhi terlebih dahulu keinginannya, misal: tidur, menyusu, makan, dan sejenisnya.
  5. Setiap pijatan diulang sebanyak 6 kali dengan 8 ketukan per gerakan.
  6. Hindari memijat bagian tengah punggung (tulang punggung atau tulang belakang) karena terdapat banyak syaraf.
  7. Jangan memijat terlalu keras maupun pelan. Tolok ukur kekuatan pijatan yang pas adalah ketika kita menekan bola mata. Ketika terasa nyaman, maka sebesar itulah tekanan yang pas untuk si kecil.

Untuk pemilihan baby oil ini ternyata juga tidak boleh sembarangan lho. Mbak Gina menjelaskan bahwa penggunaan baby oil yang mengandung oleic acid (asam oleat) beresiko mengiritasi kulit bayi, karena dapat mengikis lapisan luar kulit bayi yang masih sangat sensitif.

Diagram kandungan asam oleat pada berbagai minyak yang sering digunakan untuk memijat bayi.

Alhamdulillah baby oil dari Johnson’s aman untuk digunakan, bahkan bagi bayi yang baru lahir.

sentuhan cinta johnsons
Baby Oil Johnson’s

Teknik Stimulasi Pijat Bayi

teknik pijat bayi

Pijatan pada bayi berdasarkan zonanya dapat dikelompokkan menjadi 6, yaitu:

  1. Pijatan Wajah, meliputi gerakan: Caress Love, Relax, Circle Down, Smile, dan Cute.
  2. Pijatan Dada, meliputi gerakan Butterfly dan Cross.
  3. Pijatan Perut, meliputi gerakan: Mengayuh, Bulan Matahari, I Love You, Walking Fingers, dan Relax.
  4. Pijatan Tangan, meliputi gerakan: Milking India dan Milking Swedia, Rolling, Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, dan Finger Shake.
  5. Pijatan Kaki, meliputi gerakan:
    Milking India dan Milking Swedia, Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, dan Finger Shake.
  6. Pijatan Punggung, meliputi gerakan: Go Back Forward, Slip, Mengayuh, Spiral, Menggaruk.
  7. Relaksasi, dengan menyilangkan kedua tangan serta gerakan diagonal tangan dan kaki.

Untuk rincian gerakan pijat bayi bisa klik di website Johnson’s baby ya, disana udah lengkaap banget tutorialnya. Dan kalau mau punya yang versi DVD-nya juga bisa dengan membeli gift pack Johnson’s 🙂

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Johnson’s dan juga program sentuhan cinta, teman-teman bisa akses di akun instagram resmi Johnson’s @JohnsonsBaby_id dan juga akun Facebook di @JohnsonsBabyIndonesia. Teman-teman juga bisa cari info lebih lanjut dengan menggunakan hashtag #SentuhanCinta, #JohnsonsBabyId dan juga #pijatbayi.

Well, itu dulu yang bisa saya share, semoga bermanfaat yaa.

Salam,

Dina Safitri
Tagged , , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

2 thoughts on “Sentuhan Cinta Ibu Melalui Pijat Bayi

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)