Health n Beauty, Pregnancy and Maternity, Tips

Mencegah Sembelit Setelah Melahirkan

mengatasi sembelit setelah melahirkan

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.. Haloo semuanya, lama banget ya nggak bahas tentang pregnancy & maternity. Ini sebenarnya draft yang tertunda sejak lahiran Hasan, anak kedua saya. Karena waktu setelah melahirkan anak pertama saya, Aisy, saya sempat mengalami sembelit parah.

Momen tersembelit saya sepanjang umur saya itu ketika pasca melahirkan Aisy, huhu. Saya masih ingat betul saat itu, sudah beberapa hari pasca melahirkan belum bisa buang air besar (pup). Dan ketika hendak pup justru sangat susah keluar, sekalinya keluar sangat keras dan berbentuk batu. Ditambah suami saat itu sedang kerja, Aisy sendiri di kamar sambil menangis dan saya ikutan nangis di kamar mandi saking sakitnya. Apalagi namanya ibu baru melahirkan anak pertama secara normal plus dijahit, pasti momen akan pup itu jadi momen yang horoooorrr banget. Udah sembelit, ditambah takut jahitan kenapa-kenapa, huhu.

sabar ya

Baca juga: Pengalaman Pertama Melahirkan Normal

Baca juga: Pengalaman Melahirkan Anak Kedua

Berbekal dari trauma sembelit saya pasca melahirkan anak pertama, akhirnya pasca melahirkan anak kedua saya menghindari banget yang namanya sembelit. Ada beberapa hal yang saya lakukan, tapi tidak semua recommended untuk diikuti ya, tetap konsulkan ke tenaga kesehatan terutama yang menangani kita saat persalinan.

Ini dia tips yang alhamdulillah ampuh bagi saya untuk mencegah sembelit setelah melahirkan:

1. Konsumsi Buah Naga

Makan sebanyak-banyaknya buah naga. Semakin banyak semakin nggak sembelit. Pilih yang manis ya supaya nggak diare atau sakit perut, hihi.

Makan sebanyak-banyaknya buah naga. Semakin banyak semakin nggak sembelit. Pilih yang manis ya supaya nggak diare atau sakit perut, hihi.

MasyaAllah bersyukur banget sih ketika Hasan lahir harga buah naga masih manusiawi jadi bisa makan sebanyak-banyaknya. Oh iya, saya merutinkan makan buah naga ini sampai Hasan menginjak 3 bulan. Walaupum tidak sesering ketika habis melahirkan.

Saya sudah coba beberapa buah yang katanya bisa melancarkan BAB, tapi yang paling cocok dan ngefek di saya ya buah naga ini, hehe.

2. Menolak Suntikan Zat Besi (not recommended)

Saya inget banget waktu habis lahiran Aisy saya disuntik zat besi 2x. That’s why saya baru bisa pup 2 minggu pasca melahirkan, pup saya sampai berbatu-batu dan saakiiiittt banget. Kebetulan saya melahirkan di bidan yang sama, jadi sudah lumayan hafal pasca melahirkan diapa-apain aja, salah satunya pemberian suntikan zat besi ini.

Karena saya trauma banget, maka pasca melahirkan Hasan saat hendak disuntik saya menolak. Ini tips ekstrim sih, tidak direkomendasikan ya, terutama untuk ibu-ibu yang mengalami pendarahan (mengeluarkan banyak darah) saat persalinan. Karena bagaimanapun zat besi itu penting, walau efek sampingnya bikin sembelit.

MasyaAllah pasca melahirkan Hasan seinget saya, saya nggak hoyong, kata bidannya jumlah darah yang keluar saat persalinan Alhamdulillah juga tidak banyak, makanya saya berani untuk tidak disuntik zat besi.

Oh iya info selingan ya, semoga bermanfaat..

Bagi ibu hamil maupun ibu menyusui yang membutuhkan zat besi, saya ada rekomendasi suplemen (vitamin) untuk bumil dan busui. Suplemen ini mengandung 14-15% AKG untuk zat besi bagi bumil dan busui. Namanya Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold. Ini bukan ngiklan ya, saya juga beli suplemennya pake uang sendiri kok, wkwk. Yang saya suka dari blackmores ini, kandungan zat besinya itu nggak membuat sembelit, Jadi recommended banget menurut saya. Asam folat dan kandungan minyak ikannya juga tinggi.

Review blackmores pregnancy and breastfeeding gold dan Blackmores fish oil

Bagi buibu yang mau beli blackmores dengan harga murah, saran saya tunggu pas ada event ecommerce bagi-bagi voucher belanja, nah diskonannya lumayan kan buat beli blackmores. Biar yakin ORI-nya, pilih yang dari official store. Seperti saat 12/12 kemarin Alhamdulillah kami beli minyak ikan blackmores untuk anak-anak, lumayan banget jatuhnya. Minyak ikan yang isi 200 kapsul dari harga 200 ribuan jadi cuma bayar 100 ribuan. Minyak ikannya juga recommended menurut saya, karena nggak amis sama sekali justru harum vanilla dan dikunyah pun nggak bikin eneg. Dulu pernah coba fish oil merk childlife DHA masih kerasa amisnya menurut saya.

Duh maaf ya malah nggak fokus sampai bahas minyak ikan segala, wkwk.

Intinya 2 hal itu sih yang saya lakukan untuk mencegah sembelit pasca melahirkan. Mungkin buibu ada yang mau nambahin pengalamannya, boleh banget sharing di kolom komentar yaa.

See you on my next post, insyaAllah

Salam,

Dina Safitri
Tagged , , , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *