Review, Techno, Tips

Review Setrika Uap Philips GC 1418 + Compared With Philips Dry Iron GC 160

REVIEW SETRIKA PHILIPS GC 1418 DAN GC 160

Assalamu’alaikum..

Halo semuanya, gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya.. Ceritanya beberapa waktu yang lalu Alhamdulillah saya mendapatkan paket dari philips, masyaALLAH. Nah, paketnya ini berisi setrika uap philips tipe GC1418. Sebenarnya nggak ada tuntutan untuk review di blog sih, cuma rasanya kok pingin gitu share review setrika uap ini, jadi bagi saya ini organik post ya (penting ya? Hihi). Harapannya dengan adanya review ini bisa membantu teman-teman yang sedang pingin beli setrika buat ganti setrikanya yang udah rusak, upgrade setrika, butuh buat setrika gendongan (woven wrap) atau untuk kado, hehe. Jadi di review kali ini pure review berdasarkan pengalaman saya ketika mencoba setrika uap ini ya. Sekaligus sekalian ingin sedikit membandingkan dengan setrika saya yang sebelumnya, yaitu dry iron Philips GC 160.

UNBOXING SETRIKA UAP PHILIPS GC 1418

Paket yang saya terima berisi sekotak setrika uap philips GC 1418. Video unboxingnya bisa dilihat dibawah ini ya, maaf masih amatiran banget videonya, hihi.

Sampai tulisan ini diterbitkan, setidaknya setrika uap ini sudah saya gunakan untuk menyetrika sekitar 15-20 pakaian di 3 waktu yang terpisah. Jadi semoga review saya ini ‘valid’ ya, karena memang benar-benar sudah dipakai berkali-kali.

Oh iya, karena ini merupakan kali pertama saya pegang dan memakai setrika uap, jadi masih ngerasa takut salah, sampai-sampai saya baca satu per satu panduan menggunakan setrika ini dari buku panduan philips. Selain itu saya juga menonton video tutorial dari channel philips Indonesia.

YANG PERLU DIPERSIAPKAN SAAT AKAN MENGGUNAKAN SETRIKA UAP PHILIPS GC 1418

Well, bagi teman-teman yang baru akan menggunakan setrika uap philips GC 1418, berikut ini beberapa hal yang perlu teman-teman lakukan sebelum menggunakan setrika uap philips GC 1418:

Pertama, posisikan setrika sedikit miring dan sebelumnya geser tombol ke posisi tanpa uap. Selanjutnya tuang air bersih (hanya air saja, jangan pakai pewangi) ke dalam setrika (perhatikan, jangan sampai melewati batas maksimum). Jika air yang kita gunakan kesadahannya tinggi, sebaiknya gunakan air isi ulang atau persering membersihkan setrika dengan fitur calc clean. Saat mengisi air, pastikan setrika dalam kondisi tidak terhubung dengan listrik ya. Setelah air terisi ke dalam tanki setrika, sambungkan setrika dengan listrik dan setel suhu sesuai jenis kain, setel pula posisi semburan uap yang diinginkan (sesuai jenis kain). Agar mencapai suhu sesuai yang kita inginkan, setrika lah setelah lampu indikator mati.

Oh iya, setrika ini juga bisa difungsikan seperti setrika biasa (philips dry iron), yaitu dengan menyetel setrika ke posisi tanpa uap dan kita juga tidak perlu mengisi air ke dalam tanki setrika.

Step by step ini sudah saya rangkum di channel youtube saya ya (cieee yutub-an, telat banget ya baru bikin beberapa waktu yang lalu, hihi), berikut videonya:

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN SETRIKA UAP PHILIPS GC1418

Kesan saya setelah menggunakan philips steam iron GC 1418:

Minus:

  • Setrikanya terasa sedikit berat dibandingkan dry iron saya (philips GC 160), mungkin karena ditambah berat air (145 ml).

  • Jika menyetrika banyak baju (sekitar 15-20 potong), setidaknya harus mengisi ulang tangki 2-3 kali

  • Jika settingan tidak pas, air merembes ke baju maupun alas setrika (nanti saya share sekalian tipsnya ya biar nggak rembes ke baju).

  • garis penunjuk letak putaran setrika kurang terlihat jelas sehingga saat pertama penggunaan masih harus mencari-cari ketika akan menyetel suhu. Namun hal tersebut bukan kendala sih, terlebih setelah kita mengetahui letak garis tersebut.

Plus:

  • Airnya cepat menguap, yang membantu proses menyetrika menjadi lebih cepat (dalam menghilangkan kusut dan kerutan).

  • Karena ada bantuan uap, setrika memang jauh lebih cepat dibandingkan saat saya menggunakan dry iron philips GC 160, sekali swipe langsung hilang kusut dan kerutan, masyaAllah.

  • Setrika licin saat digunakan di berbagai jenis kain, walaupun tidak selicin philips GC 160.

  • Desain setrika sangat cantik dan elegan, warnanya kombinasi ungu dan putih, tersedia juga beberapa warna lain yang nggak kalah cantiknya

  • Disertai dengan semprotan air maupun uap yang bisa mempercepat saat menghilangkan kerutan baju.

  • Daya 400 W setara dengan setrika pada umumnya.

TROUBLESHOOTING SETRIKA UAP PHILIPS GC 1418

Nah kali ini saya mau coba troubleshooting atau menjelaskan beberapa kendala saat menggunakan setrika uap ini, berdasarkan pengalaman saya dan juga pengalaman teman-teman saya yang telah mencoba setrika jenis ini:

  1. Kenapa sih air merembes dari bagian bawah setrika uap?

Waktu pertama kali menggunakan setrika uap ini, air merembes dari bagian bawah setrika jadi baju yang saya setrika terkena tetesan air. Setelah trial and error, ternyata cara agar air di setrika uap tidak rembes adalah dengan menyetel posisi uap ke nomor yang lebih besar, yaitu nomor dua (sebelah tombol calc clean). Sebelumnya saya menyetel ke setelan uap yang terendah, sedangkan suhu setrika kurang tinggi, alih-alih menjadi uap, yang ada rembes kemana-mana, hihi

  1. Kenapa setelah selesai setrika alas setrika basah kuyup?

Ini mah pengalaman setrika saya. Setelah kali pertama setrika dan ditinggal nyiapin keperluan kuliah suami, pas balik ke setrika kaget, kok alas setrika basah kuyup begini, wkwk. Ternyata, seharusnya setelah proses setrika selesai atau ketika setrika belum dicabut namun tidak hendak digunakan selama beberapa saat, kecilkan suhu setrika (ini mah pasti ya? Hehe) serta atur setrika ke posisi tanpa uap, sehingga air tidak akan menetes keluar, atau bisa juga kosongkan tangki setrika.

  1. Bagaimana cara membersihkan setrika uap?

Jangan khawatir kesulitan membersihkan setrika uap. Setrika uap philips GC 1418 ini insyaALLAH cukup mudah kok untuk dibersihkan, caranya dengan mengisi air ke tangki setrika, sambungkan setrika ke listrik, atur suhu, dan posisikan tombol pengatur uap ke posisi calc clean. Tampung air yang keluar dari setrika ke dalam wadah. Simpel kan?

  1. Ada pertanyaan atau keluhan lain nggak ya? Di draft udah ngetik nomor 4 ini tapi kok qaddarullah terlupa mau nulis tentang apa, hihi..

PILIH SETRIKA PHILIPS DRY IRON GC 160 ATAU SETRIKA UAP PHILIPS GC 1418?

Well, pada kali pertama pemakaian, jujuuur saya masih jauh lebih suka setrika saya yang lama, yaitu philips GC 160. Sampai-sampai setrika uap tersebut saya simpan lagi di kardusnya. Sempat diketawain suami karena langsung ‘dimuseumkan’ setrikanya, hihi. Oh iya, alasan kenapa saya suka setrika philips GC 160  karena setrika ini menggunakan alas (kalau ga salah istilahnya Dyna Glide), pokoknya membuat pakaian yang disetrika (apapun jenis kainnya) itu cepat licin dan nggak gampang kusut lagi setelah disetrika, selain itu menurut saya bagian ujungnya ramping sehingga mempermudah setrika bagian kancing, daaan setrikanya itu enteng banget menurut saya. Suka banget sama setrika ini, masyaALLAH. Semoga bisa awet ya.. Kebetulan saya beli yang GC 160 ini sekitar 6 bulan yang lalu, saat itu dapat harga flash sale Rp 99.000,- mayan banget masyaALLAH, karena harga aslinya sekitar 240 ribu dan daya yang digunakan 350 W.

 

REVIEW SETRIKA PHILIPS GC 1418 DAN GC 160
Kakak-Beradik^^. Kiri: Setrika Uap Philips GC 1418. Kanan: Dry Iron Philips GC 160

Saat melihat tumpukan baju yang baru diangkat, saya kepikiran lagi setrika uap yang sudah sempat saya museumkan. Rasanya kok nggak adil banget langsung disimpan gitu aja. Akhirnya saya coba lagi untuk setrika bertumpuk-tumpuk pakaian. Kali ini settingan uapnya saya naikkan ke nomor 2. Daaan ternyata masyaALLAH enak banget pake setrika uap ini. Nggak ada lagi drama ngrembes-ngrembes dari setrika.

REVIEW SETRIKA PHILIPS GC 1418 DAN GC 160

Dengan setrika uap GC 1418 pakaian juga cepat licin dan yang membahagiakan adalah waktu saya untuk menyetrika pakaian menjadi lebih cepat. Beneran deh, masyaALLAH. Karena bagi yang tahu saya, atau pernah serumah atau sekosan sama saya, pasti mengiyakan kalau saya nyetrika itu pasti lama pakai banget. Jadi ketika ngelihat baju udah tersetrika rapi dalam waktu yang singkat itu saya amazed sendiri, masyaAllah. Oh iya, harga setrika uap ini di pasaran sekitar 290 ribu dan daya yang digunakan 400 W.

Dan akhirnya kalau disuruh milih saya jadi nggak bisa milih,  hihi. Soalnya semuanya bagus dan menurut saya enak digunakan, masyaAllah. Trust me, pakai setrika ini bisa mengubah mindset saya bahwa ternyata menyetrika pakaian itu bukanlah momok dan bukan pula hal yang paling tidak menyenangkan dari segelintir pekerjaan rumah tangga.

Oh iya, saran saya, kalau budget teman-teman lebih, bisa memilih yang setrika uap, karena selain setrika lebih cepat, adanya uap membantu menjaga agar serat kain, terutama kain tenun dan sejenisnya tidak mudah rusak.

Well, sekian pure review dari saya. Sekali lagi review ini murniiii banget dari pengalaman saya ya, tanpa adanya request dari pihak manapun untuk menuliskan review setrika philips ini. Semoga bermanfaat yaa dan selamat nyetrika^^.

Salam,

Dina Safitri

Tagged , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

2 thoughts on “Review Setrika Uap Philips GC 1418 + Compared With Philips Dry Iron GC 160

  1. wihh..canggih..tapi agak sedikit repot ya mba, tp klo suruh milih saya pilih setrika biasa aja, secara jarang nggosok baju hehehehe..:) jadi inget dulu pertama kali pegang setrika itu yang ada bentuk ayam jago punya nenek saya dan setrika elektronik milik ibu, keduanya berat,

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)