#BPN30DayChallenge2018, Health n Beauty, Tips

5 Tips Hidup Sehat

Tips hidup sehat

Sehat merupakan nikmat yang sangat mahal yang Allah berikan kepada kita. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik. Apalagi sebagai Ibu rumah tangga dengan dua Anak yang masih kecil-kecil gini, berasa banget keteteran ngurus rumah dan anak kalau baru sakit. E-mang bener sih, jadi ibu nggak boleh sakit, karena sekalinya sakit semua jadi terbengkalai. Ada yang pernah gitu juga?

Sesuai tema ODOP-nya BPN, kali ini saya mau share 5 tips hidup sehat. Biar apa? Biar badan kita always sehat, strong, dan nggak gampang sakit (biidznillah).

Tips hidup sehat

1. Minum Air Mineral yang Cukup

Sebaiknya air yang di minum air mineral ya, tapi kalau nggak bisa air putih apapun it’s okay selama masuk kriteria air layak minum. Bagi yang kenal saya, pasti tahu banget kalau minuman favorit saya itu air putih. Kalau udah kehausan karena lupa nggak bawa air atau karena air galon habis pasti jadi mbingungin sendiri, hehe.

Kalau dulu waktu di Kutacane, kami minumnya air mata air pegunungan yang biasa disebut lawe (bahasa Alasnya air). Biasanya setiap hari ada bapak-bapak yang menjual Lawe menggunakan kendaraan bermotif. Lawe disimpan dalam wadah jirigen dan direfill ke galon. 1 jirigen harganya cuma Rp 3000 dan bisa untuk mengisi 1 galon penuh + 1 panci ukuran sedang. Rasa airnya manis, dingin, dan segar. Terdapat banyak gelembung-gelembung di pinggiran galon yang menandakan air tersebut mengandung banyak oksigen.

2. Makan Makanan Bergizi

Kalau mau sehat, jangan makan junk food terus ya. Selingi atau justru terbanyak konsumsi makanan bergizi. Sayur-mayur, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, dan lain-lain. Jika badan sedang kurang vit, perbanyak konsumsi buah segar dan juga tambahan multivitamin, agar tubuh kita ‘menang’ melawan penyakit.

Biasanya saya kalau badan udah berasa mau sakit (hidung meler/leher gatal/pusing, dll) langsung saya gelontor pakai air putih yang banyak, makan-makanan yang sehat, perbanyak makan buah, dan minum multivitamin terutama vitamin C.

3. Cermat Saat Mengkonsumsi Sesuatu

Sebaiknya sebelum mengkonsumsi baik itu makanan, minuman, maupun suplemen, pastikan kita sudah terlebih dahulu membaca komposisi dan label-label lain yang terdapat pada kemasan. Perhatikan anjuran penggunaannya, komposisinya apakah menggunakan zat aditif yang tidak dianjurkan, tanggal kadaluarsa, dan informasi-informasi yang lain.

Terlebih jika sedang hamil dan menyusui, sangat penting untuk membaca label kemasan sebelum mengkonsumsi suatu produk. Begitu pula jika produk tersebut akan dikonsumsi oleh anak yang berusia dibawah 5 tahun.

4. Tidur yang Cukup

Ini masih PR banget buat saya, manajemen tidurnya masih belum bagus, jadi sering begadang dan kurang tidur. Kurang tidur itu kadang bikin mata merah dan perih, badan jadi nggak nyaman, gemetaran, dan jantung berdebar.

Idealnya (dan juga sunnahnya) kita merutinkan untuk tidur siang, dan sebaiknya tidur malam setelah sholat isya. Agar tubuh segar dan bisa menjalankan ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

5. Be Grateful and Be Happy

Ternyata suasana hati itu berpengaruh lho terhadap kesehatan jasmani kita. Contoh yang paling simple banget yang terjadi di saya adalah jika saya baru kezel banget sama seseorang, tiba-tiba asam lambung saya naik dan perut jadi perih dan kembung (meskipun tidak telat makan).

Bersyukur dengan apa yang Allah karuniakan juga merupakan salah satu tips agar kita legowo, agar pikiran (dan tentunya jasmani) juga menjadi sehat. Yakinlah, semakin kita bersyukur semakin banyak pula nikmat yang Allah tambahkan.

Dan jangan lupa untuk selalu bahagia yaa.

Sekian 5 tips hidup sehat versi saya, versi kamu gimana? Share yaa..

Salam,

Dina Safitri

Tagged , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)