Belanja Online, Review

Belanja dengan Harga Promo? Instal 5 Aplikasi Ini

aplikasi belanja online recommended

Assalamu’alaikum, kali ini saya mau share beberapa aplikasi belanja online alias ecommerce yang terinstal di smartphone saya dan saya rekomendasikan untuk teman-teman yang juga sesama penyuka diskon, hehe. Kenapa sebaiknya via aplikasi? Karena selain lebih cepat loadingnya, biasanya kode-kode voucher hanya berlaku untuk pembelian via aplikasi. Semoga bisa membantu teman-teman untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi COVID-19 ini ya..

Mau Belanja dengan

Harga Promo?

Instal 5 Aplikasi Ini

Baca juga: CARA MUDAH BELANJA KEBUTUHAN SEHARI-HARI VIA ONLINE

P.S: Tulisan saya ini BUKAN diendorse sama aplikasi-aplikasi yang akan saya sebutkan ya, karena jaman sekarang itu kalau review-review suka dikiranya endorse, padahal bukan begitu, Bambang! 😀

Well, langsung saja ya, inilah kelima aplikasi belanja online yang menurut saya paling recommended untuk didownload karena sering memberi harga dan diskon cetar, hihi.

1. JD.id

Semenjak kenal dengan e-commerce berlogo kuda poni ini saya sudah jarang pindah ke ecommerce lain, hihi. Terlebih dulu ketika kami masih di Kutacane (Aceh Tenggara), yang kalau beli-beli online itu ongkir dari Jakarta paling murah Rp 54,000. Mahal banget kaaann?

Semenjak kenal JDid jadi terbantuuu banget, apalagi dulu di awal-awal sampai 2 tahun yang lalu belanja berapapun di JDid masih FREEONG tanpa minimal transaksi. Jadi dulu selama di Kutacane segala kebutuhan yang nggak bisa dibeli offline, saya belinya online disini. Vitamin anak yang harganya dulu cuma belasan ribu pun dikirim dari Jakarta ke Kutacane freeong. Pingin nangis rasanya, baeeeekkk banget.

Free Ongkir Se Indonesia Raya

Kalau baca judulnya pasti ragu kan? Haha. Sama kok dulu saya juga ragu, pas nyoba sendiri baru terkagum-kagum beneran freeong.

Sekarang juga masih freeong kok ke seluruh Indonesia Raya, tapi ada syaratnya, insyaAllah nggak berat sih, hihi:

  • Belanjanya harus di seller JDid (jadi kalau baru cari barang, filter seller JDid), selain bisa freeong, dengan filter seller JDid kita bisa dapat jaminan barang yang kita beli itu ORI.
  • Belanja minimal 36 ribu (untuk item yang beratnya di bawah 1 kg)
  • Belanja minimal 90 ribu (untuk item yang beratnya 2 – 7 kg)
  • Belanja produk SLASH, walaupun bukan seller JDid tetap bisa FREEONG. Dan karena produk Slash, harganya jauh lebih murah
  • Belanja berapapun, dengan ambil voucher Ongkir yang bisa diklaim tiap hari di jam tertentu.

Gampang kan, cara dapetin freeongnya? Ini saya sampai hafal karena tiap hari pasti buka aplikasi JDid beerkali-kali. Emang ya belanja online itu nagih, apalagi kalau dapat harga promo. Selain happy di kantong, ada perasaan puas juga karena bisa berhasil dapat flashsale, hihi.

Flashsale & Promo

Selain karena baiiikkk banget masalah ongkir, JDid juga sering banget kasih-kasih voucher, kode kupon, flashsale, maupun promo-promo dan giveaway menarik lainnya. MASYAALLAH udah dapat banyak banget promoan dan gratisan dari sini, misal: Lemari Olymplast Susun (gratis, hadiah dari kuis tebak harga), JBL Go 2 + voucher 1 jt untuk laptop HP (hadiah dari giveaway JdidxHP), Voucher belanja ratusan ribu (hadiah giveaway), voucher diskon 600 ribu, dan lain-lain.

Alhamdulillah juga sering dapat flashsale-an serba murah meriah, misal setrika philips yang harga 270 ribuan cuma bayar seratus ribuan, gayung seratus perak, krim garnier yang kemasan jar cuma bayar 900 perak, stand mixer Kirin harga 90 ribu, Mie sekardus harga 60 ribu, daaann lain-lain sampai udah lupa saking banyaknya, masyaAllah.

2. Shopee

Kalau kata orang-orang, shopee ini aplikasi sejuta umat. Bahkan udah lebih dari sejuta kali ya usernya Shopee. Saya kenal Shopee dulu waktu masih di Kutacane, di tahun-tahun awal berdirinya.

Tahun-tahun Pertama Shopee

Dulu masih kerasa banget dimanjain sama shopee, bisa freeong ke Kutacane hanya dengan belanja 30 ribu. Tapi sayangnya makin kesini makin susaaaahhh syarat buat dapetin freeong di Shopee. Terlebih saya memang tidak menggunakan shopeepay.

Walaupun begitu tapi saya tetap sih sekali-kali beli di Shopee, sekalian ngabisin koin shopee. Plus karena udah banyak banget sellernya, jadi buka shopee itu kayak liat pasar tumpah. Segala-gala ada di shopee, jadi kalau cari barang yang nggak umum dijual, pasti larinya cari di Shopee.

Belanja Murah di Shopee saat Event Tertentu

Biasanya saya rajin belanja di Shopee itu kalau baru ada event, misal 9.9, 10.10, 11.11, 12.12 dan pantengin promo yang bannernya cuma bayar 10% atau sekian persen gitu. Lumayan banget dapat harga-harga yang cetar, misal kosmetik, skincare, popok, catokan, dan lain-lain saya dapatkan dengan harga yang nggak wajar murahnya :D, masyaAllah.

Tapi belakangan ini udah jarang banget sih ngikutin promo-promo di Shopee karena terkendala pembayaran yang wajib pakai Shopee pay atau Shopee Paylater, mana keduanya saya hindari banget lagi, huhuhu.

Free Ongkir untuk Pengiriman dengan Kurir Instant

Tapi tetap sih saya masih belanja di shopee untuk beli kebutuhan makanan segar. Apalagi sekarang belanja dengan seller lokal (satu daerah) meskipun dengan pengiriman ekspres (grab instant dan gosend) sudah bisa FREEONG. Kalau yang di Surabaya, saya rekomendasiin belanja sayur, lauk, dan buah di Mracang Market. Harga nggak terlalu mahal banget, kualitas juga segar. Kami biasa beli di Mracang Market via Shopee setidaknya seminggu sekali.

3. Lazada

Sebenarnya udah lama banget sih tau Lazada, cuma dulunya saya tergolong jarang beli, apalagi waktu di Kutacane dulu ongkirnya nggak nahan banget. Alhamdulillah selama hampir 2 tahun di Surabaya baru bisa ngerasain ongkir Lazada yang murah meriah, cuma bayar Rp 3200, hihi.

Tips Belanja Aman di Lazada

Tapi kalau saya pribadi, karena Lazada itu ecommerce buesar dan banyak sellernya baik dalam maupun luar negeri, jadi saya seringnya hanya membeli dari Lazada Mall (jadi khusus yang official storenya). Tapi kalau belinya daster, rak sepatu, dkk saya tetap pilih seller lokal sih, tapi pasti sempatin untuk baca review-reviewnya.

Event & Promo di Lazada

Selain ongkirnya yang murah, di Lazada juga lumayan sering ada event-event dan yang pastinya ada bagi-bagi voucher, misalnya dulu dari main semacam bikin bangunan gitu bisa dapat voucher 80 ribu minimal beli 200 ribu, lumayan banget sih bisa buat beli Blackmores waktu itu, wkwk.

Yang sekarang atau belakangan ini baru jalan, nonton livenya Lazada, bisa dapat voucher 50 ribu, tapi saya belum pernah nyoba sih karena nggak tau jam berapa, wkwk.

Selain itu, di Lazada kadang ada promo untuk produk virtual, misalnya untuk beli pulsa, paket data, token. Di event-event tertentu malah dia kasih gratis coba, terharu, huhu.

Oh iya, jangan ragu-ragu juga untuk follow official store apapun yang kita minati di Lazada. Bagi para perempuan pecinta skincare dan make up misalnya, bisa coba follow official storenya Garnier dan Maybelline, karena lumayan sering kasih voucher belanja 10 ribu tanpa minimal transaksi.

4. Tokopedia

Promo Produk Virtual

Saya biasa belanja di Tokopedia untuk membeli produk-produk digital seperti Pulsa dan Paket Data, terutama ketika beberapa waktu lalu Tokopedia gencar share kode promo untuk produk virtual ini setiap hari. Lumayan banget pulsa 25 ribu cuma bayar 15 ribu atau 10 ribu, bisa buat nabung pulsa, wkwk.

Flashsale

Selain itu, di Tokopedia juga lumayan sering ada flashsale maupun barang-barang dari official store yang diskonnya gede-gedean, misal beberapa waktu lalu merk Faber Castell, Kirin, Delli, Garuda Food, daan lain-lain.

Sekitar setahunan yang lalu Alhamdulillah bisa dapat lumayan banyak diskonan flashsale dari tokopedia, misalnya bouncer dan gendongan bayi cuma bayar seratus ribuan, susu anak-anak juga beli beberapa kaleng disana dengan harga murmer, mukena cuma bayar 20 ribuan padahal bahannya bagus, dan lain-lain, udah banyak lupanya, wkwk.

5. Blibli

Freeong di Blibli

Sebelum kenal JDid saya biasanya belanja-belanja online di Blibli.com. Saya suka belanja di Blibli karena dulu bisa freeong ke Kutacane. Belanja berapapun bisa freeong. Belum lagi di Blibli itu ada poinnya, dan dulu untuk mendapatkan poin itu gampang banget dan nominal poinnya lumayan besar.

Semakin kesini sudah agak jarang sih belanja di Blibli, karena terkadang masih kena ongkir. Bagi yang tinggal di kota sebenarnya bisa kok mendapatkan freeong, cukup belanja minimal 50 ribu, sudah bisa dapat subsidi ongkir.

Atau bagi yang di daerah, bisa memanfaatkan belanja CNC, jadi melakukan pembelian via Blibli lalu barang diambil di toko Alfamart yang sudah kita pilih.

WareHouse Sale

Biasanya saya mendapatkan harga promo di Blibli dari event warehouse sale alias cuci gudang. Biasanya diskon yang diberikan itu besar, tapi harus jeli ya, karena ada yang expired masih lama tapi ada juga yang sudah hampir expired date.

Voucher dan Promo

Biasanya di akhir tahun atau di event-event tertentu Blibli suka kasih promo misalnya cashback voucher 50%, lumayan banget sih buat beli produk virtual maupun beli elektronik-elektronik mahal, semisal Laptop, HP, dll.

Selain itu, juga biasanya Blibli kasih voucher yang disajikan dalam mini game (misalnya saat Ramadhan kemarin), cukup klik dan share ke teman-teman kita bisa dapat voucher belanja.

Kredibilitas

Selain itu yang saya suka dari Blibli itu mereka mau mengcover keluh kesah konsumen. Misalnya dulu saya beli baju baby, tapi ternyata ada yang habis stoknya, alhasil diberikan refund plus voucher 100 ribu karena barang tidak tersedia.

Pernah juga saat flashsale saya dapat UHT 1 Liter. Susu sudah dalam pengiriman, namun ketika di jalan ternyata pecah. Pihak Blibli langsung inisiatif mengirimkan produk yang baru. Namun sayangnya lagi-lagi pecah di jalan dan akhirnya diganti voucher belanja. Segitu baiknya padahal harga susunya cuma sekian belas ribu dapat 2 item, belum lagi ongkir ke Kutacanenya..

Selain itu saya juga suka dengan customer service Blibli, karena selalu avaiable, ramah, dan solutif. So far, untuk layanan pelanggannya menurut saya di Blibli yang paling bagus.


Sebenarnya masih ada banyak lagi sih, aplikasi yang terinstal di HP saya, tapi cetarnya cuma kadang-kadang doank, takutnya malah zonk nanti, wkwk.

Sebenarnya kalau nggak mau ketinggalan info-info promo gampang banget caranya, cukup nyalakan notifikasi aja di salah satu sosmednya @emakpromo ini:

Kalau teman-teman biasanya suka belanja online dimana nih? Share ya di kolom komentar 🙂

Sekian dulu yang bisa saya tulis, boleh dibantu share ke keluarga dan teman-teman ya jika dirasa bermanfaat 🙂

Salam,

Dina Safitri

Tagged , , , , , , , , , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *