In this blog

  1. Motherhood & Parenting, click:

parenting

2. Traveling, click:

3. Review, click:

review mbakdina.com

 

My other blogs

Umrah Mandiri

Umrah Mandiri Ramadhan 20 Hari, 14 jtan ALL IN

Disclaimer dulu ya, 14 jutaan ini all in dan didapat dari total cost selama umrah dibagi 4 sama rata. Walaupun pada kenyataannya pada beberapa item harga anak-anak berbeda dengan dewasa. Misalnya, saat naik kereta cepat anak-anak diskon 50%, dll.

Tiket Pesawat Solo Jeddah PP 4.8jt

Dalam perjalanan umrah, biasanya cost terbesar ada pada tiket pesawat. MasyaAllah tiket kami termasuk yang sangat murah sekali, sehingga jangan heran jika total cost ini hanya 14 jutaan selama 20 hari.

Tiket pesawat Saudia Airlines ini kami beli di website maskapai saat ada promo tiket ke Jeddah pada Mei 2023. Sengaja cari yang bisa Ramadhan di Mekkah, jadinya pesan untuk sekitar setahun setelahnya (Maret 2024).

Tiket pesawat dewasa PP Jakarta Jeddah masing-masing seharga 5jt dan tiket anak-anak masing-masing seharga 4,6jt. Jadi kalau di rata-rata tiket per orangnya adalah 4,8jt PP.

Setelah dapat tiket promo, badai cancel mulai terlihat. Tiket yang kami beli di web saudia alhamdulillah belum tercancel namun rute Jakarta Jeddah PP nya menghilang dari detail pemesanan kami. Panik dong tentu saja, tapi berhubung tiketnya masih hampir setahunan lagi, akhirnya kami memilih untuk wait and see saja. Kalau bisa terbang alhamdulillah sekali tapi kalau ternyata dicancel yasudah qodarullah anggap aja nabung 19jtan di Saudia wkwk, insyaAllah nothing to lose.

Beberapa ada yang tetap bisa terbang (booking dekat-dekat hari dari tanggal pemesanan), yang dicancel juga tidak sedikit. Sembari menunggu kami akhirnya memutuskan untuk memperpanjang paspor dulu saja.

Setelahnya beberapa kali dicoba ke kantor cabang Saudia , kebetulan ketika menginap di Bandung, persis di tempat kami menginap (Hotel Preanger) ada kantor cabang Saudia. Begitu pula saat suami dinas ke Medan sempat mengurus ke kantor cabang Saudia, tapi keduanya tidak membuahkan hasil.

Singkat cerita, sekitar bulan Januari 2024 suami bisa mengurus ke kantor pusat Saudia. MasyaAllah disana ternyata sangat dipermudah sekali biidznillah. Tiket yang awalnya rute Jakarta Jeddah PP menghilang dari booking confirmation, tidak perlu menunggu lama sudah muncul kembali di tiket kami, masyaAllah alhamdulillah.

Alhamdulillah masyaAllah seperti mimpi🤍

Hikmahnya, siapkan paspor dari sekarang, jadi ketika ada promoan bisa langsung issued tiket sekeluarga. Masalah bakal dicancel atau tidak pasrahkan saja kepada Allah.

Teman-teman bisa pantau harga tiket pesawat berbagai maskapai dibawah ini:

  1. Trip, biasanya sering ada kode voucher

2. Skyscanner, bisa cek harga termurah berbagai maskapai

Last-minute flight and airline deals

Hunting Hotel

Setelah antara percaya dan nggak percaya tiket pesawat confirmed, mulailah kami hunting hotel. Baca-baca dari pengalaman, sebaiknya hotel dibooking secara online tapi via Online Travel Agent yang memang jaringannya sudah internasional ataupun via website hotel.

Step yang perlu diperhatikan ketika memesan hotel untuk umrah:

  1. Cek harga, sesuaikan budget
    • Berhubung kami pesan hotel sudah sebulan sebelum berangkat dan kami menginap di peak season (bulan Ramadhan), alhasil harga hotel yang dekat dengan haram sudah mencapai 10 jutaan bahkan lebih.
    • Karena kami menginap 16 malam di Mekkah, hotel yang dekat dengan pelataran pada kondisi kami kemarin terasa impossible karena harganya yang sangat tinggi. Bisa mencapai total 100-200jtan untuk 16 malam.
    • Di Madinah kami cari yang agak dekatan karena toh cuma 3 malam saja.
  2. Sebaiknya pilih yang FREE CANCELATION
    • Free cancellation ini maksudnya kita bebas mau cancel dan tidak dikenakan charge/biaya apapun saat cancel SELAMA belum melewati periode yang telah ditentukan
    • Opsi free cancellation ini menguntungkan bagi kita yang masih galau mau menginap dimana, juga ketika harga hotel turun kita bisa cancel dan booking hotel yang sama dengan harga yang lebih rendah.
    • Sekali lagi free cancellation ini akan BERBAYAR jika MELEWATI batas tanggal yang ditentukan
  3. Siapkan kartu DEBIT online untuk booking/pembayaran hotel
    • Kami kemarin apply kartu debit syariah JAGO. Kartu fisik bisa dikirim ke rumah dengan membayar sekitar 40rban dan alhamdulillah bisa digunakan untuk transaksi debit online. Dan sudah support TTP (tap to pay) jadi tanpa perlu gesek-gesek lagi.
    • Walaupun syariah, Jago ini masih ada unsur ribanya yang HARUS kita hindari, misalnya:
      • ketika membuat akun Jago Syariah sebenarnya bisa dapat kartu debit GRATIS namun ada SYARAT minimal top up, dan ini sepertinya RIBA ya teman-teman karena bukan diberi cuma-cuma. Jadi agar selamat kembali ke poin 1 tadi, yaitu membayar 40rban.
      • Ada bonus-bonus yang diberikan dari top up saldo atau tranfer atau melakukan transaksi dengan Jago Syariah. Bonus ini masuk otomatis ke rekening jadi harus teman-teman salurkan dana ribanya ya, jangan dipakai.
      • Jangan merefer teman untuk download Jago karena takutnya bonus yang diberikan dari Jago ke kita juga riba.
      • Intinya gunakan kartu debit ini sesuai keperluan, yaitu untuk bertransaksi di dalam dan luar negeri. Jika ada charge biarkan saja terpotong karena memang kita menggunakan “jasa” mereka untuk transaksi-transaksi kita. Jangan tergiur gratis transfer tapi ada SYARAT MINIMAL SALDO misalnya. Upayakan jangan sampai mengambil keuntungan dari pihak Bank ya, karena keuntungan-keuntungan tersebut setahu saya Riba. Allahu a’lam.. cmiiw
      • Harus dan wajib untuk concern masalah Riba ya, karena Allah sendiri yang berfirman dalam al-Quran:
      • يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ
      • Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa. (QS. Al Baqarah: 276)
      • Jangan bermudah-mudahan masalah riba, dalam salah satu hadits arbain Rasulullah bersabda: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan seseorang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, wahai Rabbku.’ Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia dikenyangkan dari yang haram, bagaimana mungkin doanya bisa terkabul.” (HR. Muslim, no. 1015)
    • Jangan apply kartu kredit. Saat memesan hotel biasanya memang pembayaran tertulis dengan credit card, tapi sebenarnya itu bisa dengan kartu debit ya. Jadi jangan tergiur untuk membuat CC. Niatnya untuk ibadah kan? Jangan campur dengan hal yang Allah benci. Semoga Allah selalu menjaga dan mencukupi kita dengan yang halal dan menjauhkan kita dari yang haram. Aamiin.
  4. Hotel dengan sistem pay at hotel lebih baik
    • Jika memungkinkan cari yang bisa pay at hotel
    • Pay at hotel = kita booking hotel saat ini namun pembayaran dilakukan di hotel dengan cash atau gesek kartu debit.
  5. Setelah hotel on booked (terbooking), segera email atau hubungi kontak resmi hotelnya untuk konfirmasi. Jika via OTA bisa juga dengan meminta HCN (Hotel Confirmation Number). Kami kemarin seperti ini:

Akhirnya setelah mempertimbangkan banyak hal kami memilih untuk menginap 3 malam di Odst Al Madina seharga 5.1jt dengan total 3 beds dan Hotel Snood Al Baraka, Aziziyah selama 16 malam seharga 9.7jt dengan total 4 beds. Rekomendasi situs booking hotel online

👇👇👇

Situs diatas sebagai pengganti 2 situs OTA raksasa yang ternyata adalah pendukung israel huhu. Tidak perlu disebutkan sepertinya sudah pada tahu juga ya. Semoga Allah mudahkan kita untuk booking hotel di selain kedua aplikasi tersebut.

Hunting Visa

Jujur kalau ini saya terima jadi, suami yang cari-cari provider visanya, hehe. Saya cuma bagian cek nomor HP di aplikasi get contact hihi. Untuk provider visa silakan cari sendiri ya, mohon maaf tidak berani spill. Range harga yang masih normal saat Februari 2024 kemarin adalah kisaran 2.5-2.7jt, kalau sudah 3jt keatas sepertinya sudah mahal hitungannya.

Untuk pembuatan visa syaratnya sudah memiliki tiket PP dan bookingan hotel. Untuk umrah pemerintah Arab Saudi membebaskan untuk berumrah dengan visa apapun. Kami kemarin apply visa umrah di salah satu travel umrah ber PPIU.

Cara cek provider visa apakah recommended atau tidak:
✅cari yg amanah / tidak menipu
✅cari yg bisa menjaga data privasi, cara tahunya bisa dilihat bagaimananya ketika sedang iklan. Jadi ada baiknya gabung di berbagai grup umrah di FB
✅Cari yg harganya sesuai budget
✅Cek alamatnya di google map dan lihat ulasannya
✅Cek get contact nomor HPnya
✅Cek semua sosmednya

Kereta Cepat

Akomodasi tambahan yang diperlukan ketika umrah mandiri diantaranya adalah tiket dari dan ke Jeddah, Mekkah, maupun Madinah PP. Saat itu kami memutuskan untuk menggunakan kereta cepat HHR agar tidak bingung-bingung mencari transport, tidak takut dioper petugas nusuk ke bis yang katanya gratis padahal bayar mahal, durasi perjalanan lebih singkat, dan harga serta jamnya sudah pasti.

Pembelian tiket kereta cepat

  • kalau beli tiket pesawat di website resmi maskapai SAUDIA maka tiket kereta cepat beli dari web saudia, karena ada diskon jadi membayar seharga basic fare
  • Tiket anak-anak diskon 50%, bayi diskon 90%. Batasan usia anak-anak/bayi bisa dicoba-coba sendiri ya saya tidak tahu diskon 50% maks usia berapa dst.
  • ⁠Sebaiknya beli di website HHR , sediakan nomor HP wajib 11 digit. Jika tidak punya bisa beli saja di app Bima Tri biasanya bisa pilih yang 11 angka.
  • ⁠Bisa juga di aplikasi HHR tapi saat Feb-Maret 2024 kemarin sistemnya masih kurang bagus, suka tiba-tiba nge-hank, jadi better via website saja.
  • ⁠sebaiknya hindari beli di loket karena harus membayar biaya jasa karena “dipesankan”, kalau tidak salah 10 SAR.
  • beli jangan mepet hari H biar masih bisa bebas pilih kursi, terutama jika berempat bisa pilih kursi bagian tengah gerbong yang duduknya saling berhadapan.
  • Beli jangan mepet untuk mencegah harga naik.
  • selalu screenshot karena terkadang sistem down, sehingga tiket tidak muncul padahal sudah bayar.
  • pembayaran bisa dengan kartu debit visa dan mastercard.
  • Harga yang kami bayarkan:
    • Jeddah – Madinah dan Madinah – Mekkah harganya sama, yaitu Dewasa 172.5 SAR, anak-anak 86.25 SAR
    • Mekkah – Jeddah alhamdulillah beli saat ada promo, yaitu Dewasa kena 34.50 SAR dan anak-anak 17,25 SAR

Transportasi Dalam Kota

Sedangkan untuk yang dekat-dekat kami biasanya pakai free shuttle bus dari dan ke haram yang disediakan oleh hotel, makkah bus (free selama bulan Ramadhan asal tidak naik dari terminal keberangkatan), dan taksi online pesan di aplikasi Careem atau Bolt.

Beberapa contoh biaya taksi online yang masih terekam catatannya:

  • Jarwal (?) ke hotel 25 SAR dengan Careem
  • Saat nyasar (hari kedua di Mekkah) ke Anjum dan harus jalan lurussss kedepan (melewati ribuan jamaah setelah tarawih) supaya bisa pesan taksi menuju hotel, naik Careem 27 SAR
  • Pasar Kakiyah ke hotel by Careem 20 SAR
  • Madinah station ke Odst hotel 29 SAR by Bolt dll yang udah nggak keinget lagi soalnya sudah uninstall app nya.

Rata-rata jika under 6 km tarifnya masih dibawah 30 SAR sekali jalan. Bisa juga jika ingin naik taksi bareng-bareng jamaah lain menuju haram, biasanya biaya per orang kena 5 SAR. Tapi kami belum pernah coba ini, bawaannya nggak tenang karena rata-rata driver arab itu native speaker, jadi ya cuma bisa arabic.

Internet Selama Umrah

Selama umrah saya menggunakan internet roaming dari XL, saya membeli paket roaming 20 hari seharga 350rb dengan total kuota 10 GB (1 GBnya bisa digunakan di negara-negara transit, seperti malaysia, singapure, oman, qatar, UEA, dll).

Jadi meskipun flightnya transit-transit insyaAllah masih bisa komunikasi. Kecuali kalau pakai Indigo kemungkinan harus beli paket internet jika butuh komunikasi saat di bandara India.

Apakah cukup 10GB untuk 20 hari? ternyata tidak, sekitar 7 hari sebelum pulang kuota saya sudah habis, akhirnya diputuskan beli lagi paket.

Sempat kepikiran mau beli simcard arab aja, tapi urung karena nggak bisa untuk telp/video wa, akhirnya kali ini saya pilih XL pass saja.

XL pass prinsip kerjanya adalah menggunakan kuota utama paket internet Indonesia tapi bisa digunakan di berbagai negara terdaftar (ada 80 negara worldwide tidak hanya negara Timur Tengah saja). Saya mengaktifkan paket internet akrab kalau tidak salah, sekitar 14GB seharga 35-40rb. Setelah itu saya membeli paket XL pass 7 hari seharga 275rb.

Jadi total pemakaian internet saya selama 20 hari habis sekitar 650rb.

Sedangkan suami saya menggunakan simcard dari Java Mifi SIM untuk internetan. Kuota 10 GB selama 20 hari seharga 300rb. Habis juga menjelang pulang wkwkwk. Berhubung saya sudah tidak faqir kuota, akhirnya modal tethering saja dan tidak beli lagi.

Makan & Belanja Selama Umrah

Bisa cek di postingan berikut ya:

Di Mekkah Ngapain Aja?

Pasar Kakiyah, Mekkah

Untuk makan sehari-hari saya hampir selalu masak. Jangan bayangin bawa kompor, panci, magic com dll ya.’ Tentu saja tidak mungkin karena dari awal berangkat bagasi udah full karena cuma bawa 3 koper saja (soalnya Hasan 5 y.o. belum bisa handle koper sendiri). Jadi untuk segala kebutuhan masak memasak saya hanya pakai satu panci elektrik saja. MasyaAllah alhamdulillah berfungsi dengan normal dan tanpa kendala walaupun dipakainya jor-joran wkwkwk.

Cek reviewnya disini ya👉 panci elektrik kesayangan

Untuk buah-buahan suami beli di Bin Dawood dan di pasar daerah Aziziyah. Kalau di pasar harganya jauh lebih murah, biasanya dijual serba 5 SAR. Sayang banget waktu itu pingin bikin salad buah tapi nggak jadi karena nggak bawa mayonnaise, sudah cari di minimarket depan hotel dan di Bin Dawood adanya yang kiloan akhirnya nggak jadi beli, buahnya direbus aja jadi “setup” kalau istilah simbah saya dulu, wkwk.

Telur kami beli 1 papan di minimarket depan hotel, harganya 18 SAR isi 30 kalau tidak salah. Ayam mentah kami beli di Bin Dawood, dimasak dengan bumbu ala kadarnya (perasan jeruk, garam, lada, dan dukkoh Madinah), surprisingly rasanya jadi seperti Wings*** yang varian lemon pepper, hihihi.

abaikan piringnya yang penting rasanya enak, hihi. Piring cuma bawa 1 itu doang kemarin🤣

Kalau bosen masak kadang kami beli nasi pakistan dekat hotel, rasanya enak dan rame pengunjungnya, lauknya juga berlimpah. Sayangnya kalau beli on the spot menunya bukan dalam bahasa inggris/arab melainkan bahasa pakistan, pertama beli ngah ngoh banget nggak ketebak sama sekali menunya apa, wkwkwk.

Pas sampai hotel cek google map, alhamdulillah ada yang post menu resto tersebut dalam bahasa arab, wkwk. Setidaknya bisa lebih ditebak lah, wkwk. Nama restonya New Multan, bisa cek aja ya di google map, ada kok menu dalam bahasa arabnya, kali pas jalan-jalan ke Aziziyah.

Indomie wajib bawa dari Indonesia, tapi karena kami bosan Indomie akhirnya sebagian Indomie diganti mie Best Wok yang menurut saya mie gorengnya malah lebih enaak. Kami bawa sekitar 20 bungkus untuk 20 hari, ternyata kurang, wkwk. Nggak papa juga sih, biar nggak terlalu banyak makan mie, hihihi.

Beras kami bawa hanya sekitar 3 kg saja karena sudah overload, lalu selama disana kami beli beras arab 3 kg seharga sekitar 18 SAR, beras mesir 1 kg harga 7 SAR dan alhamdulillah dapat hibahan beras dari teman suami yang duluan balik ke Indonesia, lumayan banyak nggak tau deh itu berapa kilo, hehe. Bagi yang suka beras pera, bisa beli beras arab yang biasa, tapi jika kalian suka beras pulen beli yang beras mesir ya, walaupun bulir berasnya bulet-bulet tapi enak kok, pulen.

Untuk perbekalan lain yang kami bawa silakan cek disini ya, insyaAllah diupdate berkala.

Selesai ditulis, 14 Mei 2024, 04.56 WIB

Dina Safitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *