#BPN30DayChallenge2018, Motherhood, Tips

Tips Melakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini dengan Enjoy

Agar bahagia jadi ibu rumah tangga

Eym, temanya agak syusyah bagi saya. Soalnya namanya pekerjaan rumah tangga bagi ibu rumah tangga macam saya ini ya memang udah keseharian, hehe.

Agar bahagia jadi ibu rumah tangga

Dan bingung yang mana yang paling disuka, karena kita sendiri yang menentukan level kenyamanannya. Tapi saya mau coba jembrengin ya 5 pekerjaan rumah tangga dan solusinya supaya bisa enjoy saat mengerjakannya. Oh iya, 5 pekerjaan rumah tangga ini hanya secuplik dari segambreng kerjaan rumah tangga yang lain ya, hehe.

Agar bahagia jadi ibu rumah tangga

1. Nyuci baju dan nyuci piring

Nyuci baju kalau saya suka sih karena adem nggak keringetan, cuma kalau udah kebanyakan tangan saya yang dasarnya sensitif jadi merah-merah dan perih kalau kena sabun atau masakan berbumbu. Dan kalau banyak cucian, mau nggak mau jadi harus njemur baju diatas (lantai 3), saya kurang sukanya karena keberatan bawa baju sambil naik tangga plus was-was ninggalin si kecil di kamar sendirian kalau ayahnya baru keluar. Jadi solusinya, saya nyuci baju setidaknya sehari atau dua hari sekali, biar nggak numpuk dan nggak perlu jemur diatas, hehe.

Sama seperti nyuci baju, nyuci piring (nyupir) juga saya sukanya kalau belum numpuk. Karena kalau udah terlanjur numpuk banyak jadi jorok dan susah dicuci. Solusinya sih lebih enak ketika habis makan langsung dicuci, hitung-hitung sekalian cuci tangan setelah makan, ya kan?

2. Setrika Baju

Saya dasarnya gampang keringetan dan risih kalau badan udah keringetan. Jadi solusinya kalau setrikaan baru banyak, saya pakai setrika uap (biar lebih cepat) dan yang disetrika cuma baju pergi aja, hehe. Dan biar nggak keringetan biasanya saya nyalain kipas angin atau AC, biar nggak cranky kalau kegerahan, hehe. Kalau untuk setrika sih saya sukanya langsung banyak, karena kalau setrika sedikit-sedikit selain bikin listrik cepat habis juga berasa boseeenn gitu tiap hari setrika terus.
Sebenarnya nilai plus dari setrika adalah kita punya waktu untuk fokus mendengarkan, jadi manfaatin sebaik mungkin buat dengerin kajian maupun murattal, supaya kegiatan setrika lebih bermanfaat.

3. Masak

Untuk masak saya termasuk yang masih harus buanyak banget belajar masak. Yang bikib saya suka masak adalah ketika anak dan suami lahap makan masakan saya. Dan yang bikin sedih kalau masakan saya kurang diminati, hiks. Solusinya kalau masak sih memang harus trial and error sih, meskipun sambil lihat resep sekalipun.

4. Beberes

Sama seperti nyuci baju, beberes ini sebaiknya dilakukan sesering mungkin. Soalnya kalau udah terlanjur berserakan, bakal bikin ngos-ngosan buat beberesnya. Plus kalau tiba-tiba ada tamu, jadi gimanaaa gitu kalau rumah berantakan, huhu. Nilai plus setelah beberes yang saya suka adalah perasaan puas dan ‘bangga’ saat kamar dan rumah kinclong. Cuma terkadang tuntutan untuk selalu bersih ini kurang sehat juga bagi mental, karena sebentar-sebentar jadi emosian ketika barang-barang yang sudah diberesin jadi berantakan lagi. Jadi harus belajar sabaaar banget dan juga gimana caranya manage emosi biar nggak ngomel-ngomel ke suami dan anak saat rumah kembali berantakan.

5. Belanja

Ini sih kayaknya karena sudah hobi saya jadi ya enjoy banget ngejalaninnya, hihi. Belanja online tapi, haha. Iya, kebanyakan yang saya beli baik kebutuhan sehari-hari maupun bulanan itu dari online. Rasanya seneng dan puas gitu kalau dapat harga diskon yang besar, apalagi sampai 99%, wkwkwk. Maklum namanya emak-emak nggak mau rugi dan happy banget kalau dapat harga miring, hehe.

Well, kayaknya itu aja sih, hihi. Teman-teman paling suka pekerjaan rumah apa nih? Dan kenapa sih suka dengan pekerjaan rumah tersebut? Share yuk!

Salam,

Dina Safitri

Tagged , ,

About Dina Safitri

Moslemah, an ISFJ personality, lifestyle blogger, mom of 2H. For business inquiries kindly contact me at: me@mbakdina.com or WA +6282277355412
View all posts by Dina Safitri →

Hi, thanks for stopping by. Don't forget to leave your comment here, ok? :)