In this blog

  1. Motherhood & Parenting, click:

parenting

2. Traveling, click:

3. Review, click:

review mbakdina.com

 

My other blogs

manfaat asam folat untuk ibu hamil
Adv, Pregnancy and Maternity

Kaya Akan Manfaat, Ini 4 Alasan Mengapa Asam Folat Sangat Diperlukan Oleh Ibu Hamil

Seorang wanita yang sedang mengandung sangat perlu mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan menyantap segala makanan dan minuman bergizi.

Salah satu asupan wajib untuk dipenuhi demi kesehatan ibu dan janin yakni asam folat. Banyak orang yang percaya bahwa terdapat segudang manfaat asam folat bagi ibu hamil. Penasaran? Berikut ulasannya.

Sumber gambar: freepik

Baca Juga: Pengalaman Melahirkan Normal Anak Pertama

1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Hal pertama yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi asam folat bagi ibu hamil yakni mencegah bayi lahir cacat atau cacat tabung saraf.

Bukan tanpa alasan, ternyata asam folat memiliki peranan sangat penting untuk membantu tabung saraf si kecil berkembang dengan baik. Dengan begitu, kecacatan seperti anensefalus dan spina bifida bisa diminimalisir dengan baik.

Perlu anda ketahui, anensefalus adalah kondisi d imana si kecil yang dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorang.

Bila bayi mengidap anensefali, umumnya ia akan meninggal setelah dilahirkan. Istilah spina bifida adalah suatu kelainan yang membuat bayi dapat mengalami komplikasi karena adanya penyakit serius  pada tulang belakang dan syarafnya.

Baca juga: Perkiraan Biaya Melahirkan di Medan

2. Menurunkan Resiko Keguguran

Manfaat asam folat bagi ibu hamil yang kedua yakni menurunkan resiko keguguran. Menurut penelitian, wanita hamil membutuhkan jumlah asam folat 1,5 kali lipat lebin banyak dibanding biasanya.

Wanita yang tidak sedang mengandung disarankan mencukupi kebutuhan asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari, sedangkan untuk wanita hamil kebutuhan asam folat per hari mencapai 600 mcg.

Di mana keguguran adalah kejadian hilang atau kematian janin ketika usia kehamilan masih tergolong muda, yakni kurang dari 20 minggu. Bila kekurangan asam folat, maka bisa terjadi berbagai masalah Kesehatan salah satunya adalah abnormal kromosom.

Keadaan semacam ini akan mengakibatkan pertumbuhan janin dalam kandungan bisa terhambat atau tidak sesuai dengan lazimnya, alhasil mengalami keguguran.

3. Melawan Anemia

Anemia atau yang dikenal dengan kurang darah merah merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh seluruh ibu hamil.

Bila ibu hamil menderita anemia, hal ini akan berakibat munculnya berbagai komplikasi dan berujung pada kematian baik itu pada ibu ataupun si kecil. Untuk mengatasi hal semacam ini, manfaat asam folat bagi ibu hamil hadir dan siap membantu.

Baca juga: Melahirkan Normal Anak Kedua, Penantian Berhari-Hari Setelah Muncul Tanda Persalinan

Kenapa demikian? Lantaran asam folat dianggap sebagai salah satu bahan paling penting dalam pembentukan sel darah merah. Nantinya asam folat akan memastikan bahwa sel darah merah dalam tubuh tetap berada di kadar yang normal.

Anda pun bisa mengonsumsi suplemen lainnya yang bisa mengisi membantu kinerja asam folat dalam membentuk sel darah merah yakni zat besi.

Baca juga: Tips Mencegah & Atasi Sembelit Pasca Persalinan

4. Mengurangi Resiko Preeklampsia

Preeklampsia ialah salah satu komplikasi kehamilan yang wajib dihindari. Yang mana kondisi satu ini bisa membuat ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, meningkatnya jumlah protein di dalam urine, dan pembengkakan.

Bila hal semacam ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan beresiko membahayakan nyawa ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Sayangnya, hingga saat ini, penyebab terjadinya preeklamsia ternyata masih belum diketahui secara pasti.

Meski begitu, terdapat beberapa riset yang menunjukkan bahwa kekurangan nutrisi terutama asam folat, menjadi salah satu faktor yang membuat ibu hamil mengalami preeklamsia. Jadi, sangat disarankan agar para ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folat harian.

Baca Juga: Perjalanan Menyusui Duo H & Tips Menyusui

Para  ibu juga bisa mendapatkan sumber asam folat melalui Realfood Wonder Mom. Progam ini dirancang khusus bagi ibu hamil dan menyusui yang bisa dikonsumsi selama trimester pertama kehamilan karena mengandung tinggi asam folat dan ekstrak sarang burung walet.

Manfaat sarang walet untuk ibu hamil yaitu membantu pertumbuhan janin dalam kandungan, membentuk memori otak bayi, membantu mengurangi kecemasan, mencegah preeklampsia, hingga  mengatasi kelelahan yang berlebih. Yuk, jaga kondisi kandungan dan kesehatan diri dengan sebaik-baiknya.

Salam,

Dina Safitri

4 thoughts on “Kaya Akan Manfaat, Ini 4 Alasan Mengapa Asam Folat Sangat Diperlukan Oleh Ibu Hamil

  1. Saya waktu hamil juga sangat menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, terutama untuk asam folat ini karena memang manfaatnya banyak sekali untuk bumil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *